Politeknik ATI Padang Terjunkan Mahasiswa Semester 5 dan 6 Magang di Industri


Selasa, 23 Februari 2021 - 18:46:27 WIB
Politeknik ATI Padang Terjunkan Mahasiswa Semester 5 dan 6 Magang di Industri Direktur Politeknik ATI Padang, Ester Edwar.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Politeknik ATI Padang menerjunkan mahasiswa semester 5 dan 6 magang di industri. Magang ini bentuk praktik lapangan bagi mahasiswa serta menerapkan ilmu mereka yang didapati selama perkuliahan.

Direktur Politeknik ATI Padang, Ester Edwar mengatakan, tahun ini adalah pertama kalinya kampus dibawah naungan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI ini menerjunkan mahasiswa semester 5 dan 6 magang di industri.

Baca Juga : Adaptasi Industri 4.0, Politeknik ATI Padang Gelar Workshop SDM

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Ester menuturkan, langkah ini dilakukan guna mendapatkan 8 (delapan) kompetensi inti yang perlu mereka kuasai secara langsung di lapangan. Tentu saja penetapan 8 kompetensi inti tersebut dilakukan bersama-sama dengan industri mitra.

Ester mengharapkan, agar dapat memenuhi kebutuhan akan calon tenaga kerja yang kompeten khususnya diindustri agro.

Baca Juga : Disaksikan Inspektorat Jenderal Kemenperin RI, Politeknik ATI Padang Tandatangani Pakta Integritas

"Alhamdulillah, walaupun memerlukan usaha yang sangat kuat, mengingat banyak industri yang menolak untuk memberikan fasilitas magang berbulan-bulan kepada mahasiswa," ujar Ester saat kegiatan penandatangan Nota Kesepahaman Bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) Politeknik ATI Padang dengan Asosiasi Produsen Oleochemical Indonesia (APOLIN), Senin (22/2/2021) kemarin.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Ester menambahkan, pada semester ini sebanyak 416 mahasiswa dari 4 Progaram Studi (Prodi) tengah melaksanakan magang dual system hingga akhir juni di 110 industri. Tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.

Baca Juga : Alur Pengambilan Toga Wisuda Politeknik Negeri Padang

"Untuk angkatan selanjutnya akan mulai magang pada bulan agustus 2021 sampai dengan mei 2022," ujar Ester.

Disamping itu, Ester Edwar juga membacakan laporan dan menyampaikan beberapa hal tentang Politeknik ATI Padang. Politeknik ATI Padang, merupakan salah satu Politeknik yang berada dibawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Kementerian Perindustrian dengan spesialisasi dibidang industri Agro.

Baca Juga : Segera Daftar! Batas Pendaftaran Wisuda Politeknik Negeri Padang Berakhir Besok

"Saat ini kami memiliki 4 program studi Diploma 3, yaitu Teknik Industri Agro, Teknik Kimia Bahan Nabati, Analisis Kimia, dan Manajemen Logistik Industri Agro, serta 1 program studi Diploma 4, yaitu Teknologi Rekayasa Bio Proses Energi Terbarukan," kata Ester saat kegiatan MoU tersebut.

Menurut Ester Edwar, sebagai sebuah pendidikan vokasi, tentu hal utama yang menjadi fokus kampus ini adalah link and match antara kurikulum pendidikan yang diselenggarakan dengan kebutuhan industri, serta kesempatan praktik langsung di industri yang akan memperkaya dan meningkatkan kualitas lulusan. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]