Pemilik 70 Bidang Tanah Terdampak Tol Padang-Pekanbaru Sudah Terima Uang Ganti Rugi


Selasa, 23 Februari 2021 - 19:44:54 WIB
Pemilik 70 Bidang Tanah Terdampak Tol Padang-Pekanbaru Sudah Terima Uang Ganti Rugi Pj Gubernur Sumbar, Hamdani (tengah).

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pj Gubernur Sumbar Hamdani mengatakan proses jalan Tol Padang-Pekanbaru sudah berjalan secara bertahap dengan telah dilakukan pembayaran Uang Ganti Rugi (UGR) yang dilakukan sebanyak empat kali, dimulai dari tanggal 3 November 2020, 29 Desember 2020, dan 15 Februari 2021 sampai dengan tanggal 19 Februari 2021.

"Dengan total sebanyak 70 bidang, dengan presentase terhadap luas 6.15 persen, nilai UKG 6,39 persen dan terhdap bidang 5,5 persen. Untuk itu perlu seluruh stakeholders mendukung percepatan pengadaan tanah dan perlu juga penyederhanaan berkas berkas sebagi bukti kepemilikan untuk tanah milik adat," kata Hamdani saat rapat bersama Kepala BPN Sumbar Saiful terkait progres pengadaan tanah dan permasalahannya jalan tol Padang-Pekanbaru tahap II Sta 4-200 sampai dengan 36+600, di Aula Kantor Gubernur, kemarin.

Baca Juga : Pelantikan Pemuda Dewan Da’wah Solsel, Jimmi: Gencarkan Dakwah di Medsos, Berantas Hoaks

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Sesuai dengan aturan yang ada bahwa bukti kepemilikan cukup dibuktikan dengan sproadik sesuai dengan koordinasi Pihak Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN). Tahapan mana yang sudah diganti rugi dalam proses penilaian.

"Saat ini kami melihat usulan pembayaran UGR ke LMAN sebanyak 63 bidang, proses pengumuman 203 bidang, proses penilaian KJPP 704 bidang. Dan musyawarah yang dilakukan 225 bidang serta fasilitas umum dan fasilitas sosial 183 bidang," ujarnya.

Baca Juga : Mentawai Jadi Daerah Terakhir yang akan Jemput Vaksin Covid-19 Tahap II

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Selanjutnya Hamdani juga menegas agar proses pembangunan jalan tol proyek Provinsi Sumbar harus tetap dijalankan jangan sampai berhenti dan semua kendala yang ada segerakan diselesaikan.

"Untuk segala prosesnya kami sudah melihat seluruh stakeholders sudah berupaya untuk percepatan penyelesaian progres pengadaan tanah dan permasalahannya jalan tol proses penilaian dan proses musyawarah hal itu sudah digambarkan dengan baik," harap Hamdani.

Baca Juga : Hutama Karya Tegaskan Tidak Ada Penghentian Proyek Jalan Tol Padang-Pekanbaru, Hanya...

Hamdani mengungkapkan pada hari kedua menjabat sebagai Penjabat Gubernur langsung berkoordinasi dengan Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Hermanto dan berkoordinasi terkait persoalan proyek strategis nasional ini.

"Saya sangat antusias dengan progres pembangunan jalan tol ini, mudah-mudahan segera selsai," tuturnya.

Baca Juga : Tiga Ruas Jalan Provinsi Jadi Prioritas, Ini Rinciannya

Menurut Hamdani, ia sudah mengurai persoalan tersebut dan berkomunikasi dengan pihak terkait seperti Forkominda Sumbar dan Pemkab Padang Pariaman agar proyek nasional yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 9 Februari 2018 tersebut dapat segera dituntaskan.

"Kepada saya, Kapolda bahkan menjelaskan bahwa pihak aparat sudah mengambil langkah persuasif dan tegas dengan menindak pihak pihak yang terindikasi menjadi penghalang pembagunan," ujarnya.

Selain itu Hamdani juga beri apresiasi kepada BPN Provinsi Sumbar yang telah memetakan bagaimana kondisi luas tanah mengarah kepada penyelesaiannya sampai ke status tanahnya. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]