Kasus Korupsi Perusahaan Daerah, Afrizal Ditahan


Selasa, 23 Februari 2021 - 22:56:35 WIB
Kasus Korupsi Perusahaan Daerah, Afrizal Ditahan Ilustrasi.Net

PEKANBARU,HARIANHALUAN.COM-Afrizal ditahan pihak Kejaksaan saat penyidikan dugaan korupsi di Perusahaan Daerah (PD)Tuah Sekata, Palalawan, Provinsi Riau. 

Di Badan Usaha Milik Daerah Kabupaten Pelalawan itu, Afrizal pernah menjabat sebagai Kepala Divisi Listrik. Dia dinilai sebagai salah satu pihak yang bertanggung jawab dalam penyimpangan kegiatan belanja barang operasional kelistrikan pada PD Tuah Sekata Tahun 2012 hingga 2016.

Baca Juga : Astaga! Ada Masalah, Pilot Matikan Mesin Boeing 737 MAX Saat Mengudara

Penetapan tersangka ini dilakukan setelah penyidik pada Seksi Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri Pelalawan melakukan gelar perkara pada Rabu (17/2) kemarin. Atas penetapan itu, penyidik kemudian berupaya merampungkan berkas perkara.

Sembari itu, penyidik kemudian melakukan penahanan terhadap yang bersangkutan di Rutan Pekanbaru. Dia ditahan untuk 20 hari ke depan, sejak 23 Februari hingga 14 Maret 2021.

Baca Juga : Kapolres Inhu Jebloskan Ratusan Tersangka Narkoba ke Penjara

“Pada hari ini, penyidik melakukan penahanan tersangka AF dalam perkara dugaan korupsi dalam kegiatan belanja barang operasional kelistrikan pada BUMD PD Tuah Sekata tahun 2012 hingga 2016,” ujar Kepala Seksi (Kasi) Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Pelalawan Andre Antonius, seperti dilansir Haluanriau.co,  Selasa (23/2/2021).

Menurut Andre, proses hukum itu dilakukan berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Kepala Kejari Pelalawan tanggal 17 Februari 2021, dan Surat Perintah Penahanan tanggal 23 Februari 2021. Dalam perkara itu, penyidik juga telah mengantongi nilai kerugian keuangan negara.

Baca Juga : Ada Truk CPO Terperosok, Jalan Lintas Kinali-Padang Macet

“Adapun dugaan kerugian keuangan negara adalah sebesar Rp3.830.206.000,” sebut Jaksa yang pernah bertugas di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepulauan Riau (Kepri) itu.

Andre kemudian menyampaikan alasan penahanan terhadap Afrizal. Menurut dia, langkah ini diambil untuk mempermudah proses penyidikan yang tengah berjalan.

Baca Juga : Musibah di Jumat Petang, Empat Rumah Hangus Terbakar

“Penahanan dilakukan karena adanya kekhawatiran tersangka melarikan diri, merusak atau menghilangkan barang bukti dan mengulangi tindak pidana, serta ketentuan pidana yang disangkakan terhadap tersangka memiliki ancaman hukuman di atas 5 tahun,” jelas Andre.

Ditambahkannya, sebelum ditahan, tersangka dilakukan pemeriksaan oleh Dokter RSUD Selasih dan test rapid antigen. Adapun hasilnya, tersangka dinyatakan sehat dan negatif rapid test antigen.

Pengusutan perkara ini bermula dari hasil temuan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Inspektorat Pelalawan.

Laporan itu menemukan adanya mark up pengadaan dan pembelanjaan di PD Tuah Sekata pada tahun 2012 sampai 2016 silam yang nilainya mencapai miliaran rupiah. Ketika hasil audit dan temuan LHP Inspektorat, pihak yang dicurigai diminta untuk di kembalikan tidak digubris.

Uang yang bersumber dari APBD Pelalawan yang dihibahkan ke PD Tuah Sekata, sedianya untuk meningkatkan pelayanan listrik di Kota Pangkalan Kerinci, tetapi malah diduga disalahgunakan oleh oknum pejabat maupun pegawai yang ada di perusahaan tersebut.(*)

Editor : Dodi | Sumber : Haluanriau.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 06 Maret 2021 - 10:39:05 WIB

    Astaga! Ada Masalah, Pilot Matikan Mesin Boeing 737 MAX Saat Mengudara

    Astaga! Ada Masalah, Pilot Matikan Mesin Boeing 737 MAX Saat Mengudara Sebuah pesawat Boeing 737 MAX milik maskapai American Airlines berhasil mendarat dengan selamat setelah pilot mematikan satu mesin selama penerbangan. Pesawat tersebut mendarat di Newark, New Jersey, Amerika Serikat pada hari.
  • Jumat, 05 Maret 2021 - 23:33:05 WIB

    Kapolres Inhu Jebloskan Ratusan Tersangka Narkoba ke Penjara

    Kapolres Inhu Jebloskan Ratusan Tersangka Narkoba ke Penjara Setidaknya sudah 319 tersangka kasus narkoba di Kabupaten Inhu, Provinsi Riau  diringkus dan meringkuk dibalik jeruji besi semenjak jabatan  Kapolres Inhu dipangku oleh AKBP Efrizal S.I.K, hingga sekarang..
  • Jumat, 05 Maret 2021 - 22:47:16 WIB

    Ada Truk CPO Terperosok, Jalan Lintas Kinali-Padang Macet

    Ada Truk CPO Terperosok, Jalan Lintas Kinali-Padang Macet Satu unit truk tangki pembawa CPO terperosok di bagian pangkal jembatan darurat Pinaga Sungai Paku. Kejadian tersebut mengakibatkan terjadinya kemacetan panjang di Jalan Lintas Kinali-Padang, Kabupaten Pasaman Barat, Jumat (5.
  • Jumat, 05 Maret 2021 - 22:33:45 WIB

    Musibah di Jumat Petang, Empat Rumah Hangus Terbakar

    Musibah di Jumat Petang, Empat Rumah Hangus Terbakar Empat rumah berkonstruksi permanen,  terbakar dengan cepat, Jumat (5/3/21) petang. Dalam musibah  tidak ada korban jiwa..
  • Jumat, 05 Maret 2021 - 22:26:05 WIB

    Dua Orang Hilang Terseret Ombak di Perairan Pesisir Selatan

    Dua Orang Hilang Terseret Ombak di Perairan Pesisir Selatan Dua orang dilaporkan hilang terseret ombak di perairan pesisir pantai, Nagari Lakitan, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Jumat (5/3/2021) sekitar pukul 17.00 WIB. Mendapat laporan, tim dari Kantor Pencarian dan .
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]