Berantas Narkoba Bagi Generasi Muda, Kabupaten Pessel Lakukan Program Nagari Bersinar


Rabu, 24 Februari 2021 - 08:46:03 WIB
Berantas Narkoba Bagi Generasi Muda, Kabupaten Pessel Lakukan Program Nagari Bersinar Kabupaten Pessel Lakukan Program Nagari Bersinar

PESSEL, HARIANHALUAN.COM - Guna membentengi kalangan generasi muda sebagai penerus bangsa terbebas dari ancaman narkotika dan obat/bahan berbahaya (Narkoba), Pemerintah Kabupaten  Pesisir Selatan mencanangkan program Nagari Bersih Narkoba (Bersinar).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDPPKB) Pessel, Wendi. Ia menjelaskan, untuk menunjang agar program Bersinar itu bisa terlaksana di setiap nagari, maka Pemerintahan Nagari (Pemnag) dapat mengalokasikan anggarannya dari Dana Desa (DD).

Baca Juga : Rugi Rp3,4 Miliar, PT Balairung Diragukan Keberlangsungan Operasionalnya

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

"Anggaran yang bisa diambil atau dialokasikan melalui dana desa itu, maksimal Rp 20 juta per tahun. Kebaradaan dana itu adalah untuk menunjang berbagai kegiatan positif bagi kalangan remaja, termasuk juga sosialisasi dan seminar tentang bahaya narkoba," ujarnya, dikutip dari website resmi Pemkab Pessel, Rabu (23/2/2021).

Baca Juga : Mahyeldi: Tugas Tim Penggerak PKK Membantu Kesuksesan Bupati/Walikota

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Dia berharap melalui program Bersinar itu rasa khawatir atau ketakutan orang tua terhadap remajanya dalam bergaul yang bisa menyesatkan bisa ditekan. Ia juga menghimbau kepada semua Pemerintahan Nagari di daerah ini agar dapat mengalokasikan anggarannya untuk mensukseskan program Bersinar ini. 

Baca Juga : BPC HIPMI Kota Solok Puji Sosok Brian yang Memiliki Jaringan Luas

"Sebab benteng kekuatan daerah itu memang dimulai dari tingkat terendah, yakni nagari. Jika nagari terjaga, maka daerah akan aman dan damai," ungkapnya.

Ditambahkannya, bahwa di tahun pertama pencanangan program Bersinar itu pihaknya memang tidak akan terlalu memaksakan bagi nagari yang belum memiliki kesanggupan. Karena Covid-19 yang belum mereda dan nagari yang juga masih dibebankan dengan penyediaan anggaran pencegahan Covid-19 sebesar 8 % dari dana desa di luar BLT. 

Baca Juga : DPRD Minta Gubernur Sumbar Jatuhkan Sanksi Penggelembungan Harga Hand Sanitizer

"Dan ini sifatnya wajib. Walau demikian, bagi nagari yang memiliki kesanggupan, kita akan memberikan dorongan agar program ini juga bisa berjalan maksimal di Pessel," tutupnya.(*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Heldi Satria | Sumber : berita.pesisirselatankab.go.id
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]