Pesan Ketua DPRD Sumbar untuk Mahyeldi-Audy, Lanjutkan Pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru


Rabu, 24 Februari 2021 - 22:22:02 WIB
Pesan Ketua DPRD Sumbar untuk Mahyeldi-Audy, Lanjutkan Pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru Ketua DPRD Sumbar, Supardi.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Ketua DPRD Sumatera Barat (Sumbar), Supardi berpesan untuk gubernur dan wakil gubernur Sumbar terpilih, Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy untuk melanjutkan proyek tol Padang-Pekanbaru yang mandek.

Selain itu juga melanjutkan pembangunan yang telah dilaksanakan kepala daerah sebelumnya yang urung tuntas.

Baca Juga : Hasil Dua Operasi Polda Sumbar, Ratusan Tersangka Sudah Ditangkap

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

"Jangan sampai ganti kepala daerah ganti pula arah kebijakannya. Diharapkan pembangunan gubernur dan wakil gubernur nantinya tidak lari dari RPJMD 2005-2025," ucap Supardi ketika memimpin Paripurna Pengumuman dan Penetapan Usul Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih, kemarin.

Seperti diketahui, pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru seksi Padang menuju Sicincin yang telah ditandai pengerjaannya oleh Presiden Joko Widodo 2018 lalu, saat ini progresnya masih berkutat pada alotnya pembebasan lahan.

Baca Juga : Wabup Pasaman Sabar AS Minta PMI Jaga Ketersediaan Stok Darah

Supardi juga mewanti-wanti tantangan berat penanganan pandemi Covid-19, pemulihan ekonomi daerah, dan keterbatasan kemampuan anggaran daerah.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

"Sumbar masuk daerah yang memiliki keterbatasan fiskal. Dari Rp 7 Triliun APBD, 50 persennya untuk belanja pegawai dan bagi hasil bagi kabupaten/kota. Untuk belanja modal hanya 20 persen. Kalau hanya memgandalkan APBD, maka Sumbar akan tertinggal dari provinsi tetangga," bebernya.

Baca Juga : Operasi Antik Singgalang 2021 di Pasaman, 20 Paket Ganja Kering Diamankan

Sementara untuk program penanganan Covid-19 melalui program vaksinasi, hingga hari ini belum optimal. Persentase capaian vaksinasi untuk tenaga kesehatan baru mencapai 79 persen, berada di urutan 25 nasional.

Kemudian kepatuhan penerapan prokes Covid-19 juga tergolong yang terendah.

Baca Juga : Hari Pertama Ramadhan, Dispar Sumbar Gelar Pertemuan antara Pelaku Pariwisata dan Citilink

Sebelumnya diberitakan, melalui rapat paripurna, Selasa siang (23/2/2021), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar memutuskan mengusulkan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar terpilih Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy pada Presiden Republik Indonesia melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI agar disahkan dan diangkat.

Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengatakan, keputusan usulan itu didasari hasil pleno KPU tentang penetapan Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih pada Jumat, 19 Januari lalu.

“Keputusan akan kami kirim secepatnya supaya pengesahan dan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih segera ditindaklanjuti,” ucap Supardi.

Sesuai Pasal 160 A ayat (4) Undang-Undang nomor 10 tahun 2016, bahwa pengesahan pengangkatan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur dilakukan paling lambat 14 hari kerja sejak diterimanya usulan.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Gubernur Sumbar, Hamdani mengatakan, Gubernur dan Wakil Gubernur definitif yang akan dilantik, harus mulai menyiapkan diri menyusun Rencana Pembangunan Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2025.

“Tentunya RPJMD itu harus selaras juga dengan RPJPD 2005-2025 yang telah dibahas kepala daerah sebelumnya,” pinta Supardi. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]