Jumat, Tiga Kepala Daerah Terpilih Dilantik Gubernur


Rabu, 24 Februari 2021 - 23:30:26 WIB
Jumat, Tiga Kepala Daerah Terpilih Dilantik Gubernur Ilustrasi.Net

PEKANBARU,HARIANHALUAN.COM-Tiga  pasangan kepala dan wakil kepala daerah terpilih, hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada), akan dilantik Gubernur Riau, Syamsuar, pada Jumat (26/2/2021). 

Pelantikan dipusatkan di gedung daerah Riau, Jalan Diponegoro, Pekanbaru.

Baca Juga : Pemprov Riau Batalkan SK Edwar Sebagai Unsur Pengarah BPBD, Ini Sebabnya

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau, Sudarman mengatakan, dari hasil rapat persiapan pelantikan yang pihaknya lakukan bersama pihak Kementerian dalam negeri (Kemendagri), Rabu (24/2). Untuk pelantikan kepala daerah terpilih di Riau akhirnya bisa dilaksanakan secara langsung. 3 kepala daerah dan wakilnya yang akan dilantik tersebut yakni Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis, Walikota dan Wakil Walikota Dumai serta Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti.

“Pelantikan tiga kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih akan dilaksanakan secara langsung. Pak Gubernur Syamsuar yang akan melakukan pelantikan di gedung daerah Riau. Tiga daerah itu sudah keluar jadwal pelantikannya oleh Kemendagri sehingga bisa dilakukan pelantikan,” ujar Sudarman.

Baca Juga : Sambut Ramadhan, Tiga Mushala Sekaligus Dibersihkan Pemuda Pulau Kumpai

Dijelaskan Sudarman, untuk teknis pelantikan, karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19, maka undangan pelantikan akan dibatasi, yakni yang boleh hadir hanya keluarga inti dari kepala daerah dan wakil kepala daerah yang dilantik. Sedangkan bagi pemerintah daerah lainnya bisa menyaksikan langsung secara virtual.

Termasuk bagi masyarakat, bisa tetap menyaksikan prosesi pelantikan, maka pihaknya juga akan menyiarkan secara live. Sehingga kegiatan pelantikan juga bisa disaksikan dimana saja, terutama bagi para pendukung para kepala daerah terpilih.

Baca Juga : Karhutla Mulai Sirna di Kepulauan Meranti

“Undangan dibatasi, yang boleh hadir langsung itu keluarga inti kepala daerah dan wakil kepala daerah yang dilantik saja. Karena kapasitas ruangan juga kecil. Pelantikannya menggunakan metode hybrid, selain dilakukan secara langsung, juga akan disiarkan secara live. Ini untuk mengantisipasi karena tidak semua orang bisa menyaksikan pelantikan secara langsung,” jelasnya seperti dilansir Haluanriau.co.

Untuk diketahui, saat ini jabatan tiga kepala daerah dijabat oleh Pj dan Plh. Untuk Pj Walikota Dumai, Jonli, untuk Pj Bupati Bengkalis, Syahrial Abdi, dan Plh Meranti, Kamsol.(*)

Baca Juga : Kampung Percontohan Tertib Lalulintas,Tim Korlantas Polri Apresiasi KPRI I Kelurahan Perawang

Editor : Dodi | Sumber : Haluanriau.co
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]