Resmi Jadi Gubernur-Wagub Sumbar 2021-2024, Ini yang akan Dilakukan Mahyeldi-Audy Usai Dilantik Presiden


Kamis, 25 Februari 2021 - 11:37:53 WIB
Resmi Jadi Gubernur-Wagub Sumbar 2021-2024, Ini yang akan Dilakukan Mahyeldi-Audy Usai Dilantik Presiden Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Mahyeldi Ansharullah dan Audy Joinaldy sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar masa jabatan 2021-2024, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (25/2/2021).

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Mahyeldi Ansharullah dan Audy Joinaldy sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar masa jabatan 2021-2024, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (25/2/2021).

Mahyeldi-Audy menggantikan Irwan Prayitno-Nasrul Abit yang telah berakhir masa jabatannya pada 12 Februari 2021 lalu.

Baca Juga : Denda Pelanggar AKB di Sumbar Terkumpul Rp90 Juta

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di harianhaluan.com

Selain Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy, juga dilantik pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Kepulauan Riau yakni Ansar Ahmad-Marlin Agustina.

Baca Juga : Sumbar akan Bangun Flyover Sitinjau Lauik, Tahun Ini Mulai Urus Izin Lahan dan Hutan Lindung

Terakhir, ada pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Riau yaitu Rohidin Mersyah-Rosjonsyah.

Prosesi pelantikan diawali dengan penyambutan kepala daerah terpilih oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. Setelah itu dilanjutkan dengan pengambilan Surat Keputusan Presiden.

Baca Juga : Dua Kecamatan di Dharmasraya Masuk Zona Hijau

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di harianhaluan.com

Kemudian mengucapkan sumpah jabatan di hadapan Presiden Jokowi. Setelah itu, dikumandangkannya lagu Indonesia Raya dan pengucapan selamat dari Kepala Negara.

Baca Juga : Belasungkawa dari Pegawai sampai Pimpinan DPRD Solsel, Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Meninggal

Usai pelantikan, Mahyeldi menyampaikan, bahwa yang pertama sekali dilakukan bersama Audy Joinaldy adalah mempersiapkan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sumatera Barat 2021-2024, akan memprioritaskan penanganan Covid-19 dan penguatan ekonomi masyarakat.

"Serta kemudahan mendapatkan modal usaha bagi UMKM yang di Sumatera Barat yang jumlahnya lebih kurang 590 ribu," ujar Mahyeldi saat didampingi Audy Joinaldy.

Tak hanya itu, Mahyeldi juga akan memfokuskan supaya Sumatera Barat memiliki kearifan lokal yang berdasarkan Adat Basandi Syarak Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

"Kita juga memantapkan pariwisata, menguatkan pendidikan selama ini yang telah dituangkan dalam RPJMD Sumatera Barat," ujar Mahyeldi.

Mahyeldi berharap dengan dukungan dari Presiden, Kementerian, DPRD, DPR RI, dan seluruh masyarakat Sumatera Barat visi misi dan agenda akan berjalan sebaik-baiknya. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Nova Anggraini
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]