PKL di Solsel Ditertibkan, Melanggar Bakal Disanksi Sesuai Peraturan Daerah


Kamis, 25 Februari 2021 - 11:57:44 WIB
PKL di Solsel Ditertibkan, Melanggar Bakal Disanksi Sesuai Peraturan Daerah Tim gabungan menindak PKL yang melanggar Perda Ketertiban Umum di Ruang Terbuka Muara Labuh, Kamis (25/2/2020). Jefli

PADANG ARO, HARIANHALUAN.COM - Sekitar 45 orang personel tim gabungan melakukan penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) di Ruang Terbuka Muara Labuh, Kecamatan Sungai Pagu, Solok Selatan (Solsel), Kamis (25/2/2021).

Tim gabungan terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), TNI-Polri, Dinas Perhubungan dan Camat Sungai Pagu.

Baca Juga : Hasil Dua Operasi Polda Sumbar, Ratusan Tersangka Sudah Ditangkap

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di harianhaluan.com

Kepala Bidang Penegakan Peraturan daerah (Perda), Satpol-PP dan Damkar Solsel Ali Afrionel mengatakan bahwa khusus PKL di Ruang Terbuka Muara Labuh dan Padang Aro telah ada kesepakatan terkait waktu yang diperbolehkan berjualan. Mulai pukul 13.00 WIB sampai tengah malam, di luar jam tersebut PKL harus mengosongkan area itu.

Baca Juga : Wabup Pasaman Sabar AS Minta PMI Jaga Ketersediaan Stok Darah

Hal ini dilakukan, imbuhnya agar ruang publik atau fasilitas umum yang digunakan oleh masyarakat lebih tertata dan memberikan kenyamanan.

"Berjualan tidak dilarang, akan tetapi ada waktunya sesuai kesepakatan bersama dengan PKL dan stakeholder terkait secara tertulis. Masih ada toleransi dan pertimbangan untuk berjualan," katanya didampingi Kasi Penyidik, Dina dan Kasi Penindakan, Deri.

Baca Juga : Operasi Antik Singgalang 2021 di Pasaman, 20 Paket Ganja Kering Diamankan

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di harianhaluan.com

Menurut Ali Afrionel, penindakan tegas akan dilakukan apabila PKL melanggar dengan dasar aturan Perda No.01 Tahun 2020 pasal 15 tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum. "Kedepannya bakal dilakukan tindakan secara tegas bagi pelanggar. Kami bakal rutin memantau aktivitas melalui patroli rutin," ujarnya.

Baca Juga : Hari Pertama Ramadhan, Dispar Sumbar Gelar Pertemuan antara Pelaku Pariwisata dan Citilink

Senada Camat Sungai Pagu, Rolly Almar mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung upaya penegakan Perda yang dilakukan di wilayah tugasnya.

"Batasan-batasan berjualan PKL di ruang terbuka Muara Labuh sudah melalui kesepakatan bersama secara tertulis. Seingat saya, kesepakatan bersama itu sudah dari 2018," imbuhnya.

Rolly menyatakan, kedepannya apabila masih ada PKL yang melanggar kesepakatan tersebut maka langsung eksekusi. "Langsung angkat saja jika memang ada terjadi setelah hari ini," tegasnya.

Ditambahkan Rolly, ada dua keuntungan dengan sistem buka-tutup berjualan di ruang terbuka Muara Labuh. Pertama, kebersihan area lebih terjaga. Lalu, keindahan dan kerapian. "Masyarakat yang ingin beraktivitas dipagi hari di ruang terbuka juga nyaman," katanya.

Terpisah, di lokasi, Waka Polsek Sungai Pagu, Ipda Johannes Andrian bersama tiga orang personelnya siap mendukung upaya penegakan Perda di wilayah hukum Sungai Pagu. Begitupun, Babinsa Koramil 03/ Muaralabuh, Kodim 0309/Solok, Sertu Syondesrial bersama tiga orang anggota TNI yang berada di lokasi.

"Kami siap mendukung upaya penegakan perda di wilayah Sungai Pagu," tutupnya. (*)
 

Reporter : Jefli | Editor : Nova Anggraini
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]