KBM Tatap Muka Dimulai Juli, Wakil Ketua DPD RI: Pemerintah Jangan Gegabah


Kamis, 25 Februari 2021 - 19:45:29 WIB
KBM Tatap Muka Dimulai Juli, Wakil Ketua DPD RI: Pemerintah Jangan Gegabah Wakil Ketua DPD Sultan B Najamudin. Ist

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua DPD Sultan B Najamudin meminta pemerintah untuk tidak gegabah dalam mengaktifkan kembali kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka di sekolah pada bulan Juli mendatang.

"KBM tatap muka sebaiknya didasarkan pada tingkat atau level epidemi kasus Covid-19 di suatu daerah, bukan oleh proses vaksinasi yang belum diketahui tingkat efikasi dan efektivitasnya pada tenaga kependidikan," kata Sultan melalui keterangan resminya, Kamis (25/02/2021).

Baca Juga : Kementerian PANRB Keluarkan Aturan Jam Kerja ASN Selama Ramadan

Menurutnya, proses vaksinasi yang sedang dilaksanakan saat ini belum bisa disebut efektif terhadap penurunan angka penyebaran kasus Covid-19. Karena belum ada satu negara pun yang bisa membuktikan efek vaksin terhadap penurunan kasus positif Covid-19 secara luas.

"Petugas kependidikan yang divaksinasi mungkin dapat melindungi keluarga dan siswa mereka dari infeksi, tetapi ketika virus ada di mana-mana, akan ada banyak kesempatan untuk masuk ke rumah dan lingkungan sekolah," jelas Sultan.

Baca Juga : Atasi Wabah Corona, Ketua DPD RI: Pemerintah Perlu Dengarkan Pendapat Ahli Epidemiologi

Meski demikian Sultan mengapresiasi langkah progresif pemerintah yang memprioritaskan tenaga pendidik dan kependidikan sebagai salah satu kelompok utama yang divaksinasi.

Jikapun KBM tatap muka diaktifkan pada tahun ajaran baru 2021/2022, dia mintanya harus dilaksanakan dengan standar protokol kesehatan yang ketat dan konsisten. (*)

Baca Juga : Wapres Anjurkan Masyarakat Zona Merah Beribadah Ramadan di Rumah

Reporter : Syafril Amir | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]