Jadi Wagub Sumbar Termuda, Ini Fakta Menarik Audy Joinaldy


Kamis, 25 Februari 2021 - 20:04:27 WIB
Jadi Wagub Sumbar Termuda, Ini Fakta Menarik Audy Joinaldy Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy saat dilantik Presiden Jokowi.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Audy Joinaldy, officially appointed as Deputy Governor of West Sumatra for the period 2021-2024, by President Joko Widodo (Jokowi), Thursday (25/2/2021).

Pelantikan pengusaha muda nan sukses diperantauan itu dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta.

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Sumbar 17-19 April, Simak Wilayah yang Diperkirakan Hujan

Dengan resmi dilantik maka pria yang erat disapa dengan Audy ini menjadi Wakil Gubernur termuda di Sumbar. Karena dilantik pada usia 37 tahun mendampingi Mahyeldi Ansharullah.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Jika di Tanah Air, anak dari pasangan Joinerri Kahar dan Desmalia ini memang tidak menjadi Wakil Gubernur Sumbar termuda dalam sejarah. Lantaran, ada Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak, yang dilantik pada usia 35 tahun.

Baca Juga : Wabup Pessel Resmikan Masjid Ar-Rahman Rawa Bubur Tapan

Namun untuk saat ini khusus di Sumbar, Audy lah Wakil Gubernur paling muda dibandingkan dengan Wakil Gubernur terpilih di Pilkada Serentak 2020 lalu.

Mereka adalah Indra Catri merupakan pria kelahiran Bukittinggi berusia 59 tahun, Genius Umar yang lahir di Pariaman ini berusia 48 tahun, dan Ali Mukhni kelahiran Kampung Pauh, V Koto Kampung Dalam, Padang Pariaman berusia 64 tahun.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Virus Corona di Sumbar: Positif 169, Sembuh 162, dan Meninggal Dunia 4 Orang

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Pendidikan Audy Cemerlang

Presiden Komisaris Perkasa Group ini di bidang pendidikan cukup menjanjikan, bagaimana tidak, pada tahun 2005 sudah meraih gelar Sarjana Peternakan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) pada 2005.

Baca Juga : Safari Ramadan, Gubernur: Yang Menguatkan Iman dan Adab adalah Alquran

Setelah itu, Master of Science di Wageningen Universiteit Belanda dalam bidang Major Food Quality Management Minor Animal Nutrition pada 2007. Sementara gelar Magister Manajemen Ia dapatkan dari Universitas Hasanuddin Makassar pada 2011. 

Tak puas sampai di sana, Audy lalu juga gelar Insinyur setelah bermenempuh pendidikan di Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 2019.

Pada tahun yang sama mendapat gelar IPM dari Persatuan Insinyur Indonesia (PII) serta gelar ASEAN.Eng dari Asean Federation Engineering Association (AFEO) pada tahun 2019.

Saat ini ia sedang melanjutkan pendidikan Doktor di Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (IPB).

Suami dari Dokter Fitria Amalia

Seperti yang diketahui, Audy adalah suami dari Fitria Amalia Umar, yang merupakan seorang dokter.

Saat ini mereka sudah dikaruniai 3 (tiga) orang anak, yang pertama anak perempuan bernama Jannaisya Aufilia Joinaldy. Putra kedua mereka bernama Zafransya Aulia Joinaldy, dan putra bungsunya Zadrinsya Aufal Joinaldy.

Audy Joinaldy Keturunan Solok

Tokoh milenial Sumbar ini berasal dari keluarga sangat sederhana. Ayah Audy Joinaldy tidak pernah menamatkan pendidikan tingginya dan memulai hidupnya dari bawah.

Ayah Audy Joinaldy pernah berkuliah di Institut IPB, jadi inilah yang mendasari Audy Joinaldy juga saat SMA sangat ingin berkuliah di IPB, untuk menyelesaikan apa yang orang tuanya tidak bisa selesaikan.

Saat itu, Ayah Audy Joinaldy bekerja sebagai pengusaha kecil-kecilan untuk menghidupi keluarganya. Bahkan untuk Audy Joinaldy bersekolah dasar saat itu, orang tuanya terpaksa meminjam uang ke kerabat agar Audy Joinaldy dapat bersekolah.

Audy Joinaldy merupakan anak pertama dari pasangan Joinerri Kahar yang berasal dari Padang dan Desmilia yang berasal dari Solok.

Kakek Buyut Audy Joinaldy adalah Marah Adin, yang merupakan Kepala Dinas Pertanian Sumatra Tengah pada masanya. Juga sebagai salah satu pendiri Fakultas Pertanian Universitas Andalas dan menjadi Acting Dekan saat pendiriannya.

Beliau juga Ketua Panitia pembentukan Kota Solok. Bahkan nama beliau diabadikan menjadi salah satu nama jalan di Kota Solok dan juga kota Payakumbuh.

Kakek Buyut Marah Adin memiliki seorang putri bernama Aisyah, beliaulah Andung Kandung Audy Joinaldy dari pihak Ibu, yang tidak pernah Audy Joinaldy temui karena beliau wafat sebelum Audy Joinaldy lahir. Ibunda Audy Joinaldy adalah anak ke 5 Andung Aisyah.

Kakek buyut Marah Adin sempat hadir di pernikahan Ibu dan Ayah Audy Joinaldy di tahun 1982 dan wafat pada tahun 1983. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]