Dibangun dengan Dana Rp60 Miliar, Dermaga II Telaga Punggur Diresmikan Menhub


Kamis, 25 Februari 2021 - 21:35:40 WIB
Dibangun dengan Dana Rp60 Miliar, Dermaga II Telaga Punggur Diresmikan Menhub Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi bersama Direktur Utama PT ASDP Ira Puspadewi saat meresmikan Dermaga II Telaga Punggur Batam. (damri/haluankepri.com)

BATAM,HARIANHALUAN.COM-Dermaga II Telaga Punggur Kota Batam, Provinsi Kepri diresmikan Menteri Perhubungan (Menhub)  Ir. Budi Karya Sumadi, Kamis (25/2/2021).

Peresmian Dermaga itu juga dihadiri oleh Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat) Irjen Pol. Drs. Budi Setiyadi, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Kepri, Samsul Bahrum dan Forkopimda Kota Batam.

Baca Juga : Sambut Ramadhan, Bupati Lingga Doa Bersama dan Silaturahmi dengan Masyarakat

“Terimakasih kepada Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) yang telah melakukan pembangunan dan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” ucap Budi Karya saat peresmian Dermaga seperti dilansir Haluankepi.com.

Dikatakan Budi Karya, Provinsi Kepri terdiri dari beberapa pulau, jadi sangat mutlak fasilitas laut itu diadakan. Saat ini yang ada di Provinsi Kepri adalah milik masyarakat kebanyakan.

Baca Juga : Ambruk Sejak 2018, Pelabuhan Setebik Tak Kunjung Diperbaiki Pemerintah

“Kita bayangkan saudara-saudara kita yang ada di pulau yang jauh disana, harus naik kapal yang tidak punya keselamatan. Kita harus bertanggungjawab untuk itu,” ujar Budi Karya.

Sementara itu, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry ( Persero), Ira Puspadewi mengatakan, sejak new normal pandemi Covid-19 hingga saat ini penumpang di Pelabuhan Telaga Punggur untuk penumpang masih rendah, namun kalau untuk logistik naik 10 persen.

Baca Juga : Pengukuhan dan Pelantikan FKWI Kepri Berlangsung Khidmat dan Meriah

“Khusus di pelabuhan ini ada 10 kapal yang disediakan untuk melayani masyarakat, yakni dengan 16 lintasan. 9 lintasan diantaranya adalah perintis dan 7 lintasan adalah komersial,” ujar Ira Puspadewi.

Disampaikan Ira Puspadewi, dana pembanguna dermaga itu dengan dana mandiri dari ASDP. Pihaknya komitmen untuk terus membangun infrastruktur sebagai enabler ekonomi akan tetap dijalankan.

Baca Juga : Seleksi Paskibraka Diikuti 469 Siswa di Kota Batam

Kapasitas Dermaga II Telaga Punggur itu menjadi tinggi dibandingkan dengan Dermaga 1, dimana pada Dermaga 1 hanya untuk kapal ukuran 5000 Gross Register Ton (GRT), sedangkan untuk Dermaga II itu 10.000 GRT.

Di Dermaga yang baru itu kapal yang bersandar bisa lebih besar dan lebih panjang lagi, bahkan kapasitas kendaraan yang diangkut juga bisa lebih banyak.

“Dana untuk pembangunan dermaga ini hampir Rp60 Miliar dan waktu pembangunannya 10 bulan. Insya Allah kita semua akan menciptakan kemanfaatan dan keberkahan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” pungkasnya. (*)

Editor : Dodi | Sumber : Haluankepri.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]