Sosok Pengusaha Batu Bara Perempuan Asal Sumbar, Mulai Bisnis dari Umur 18 Tahun


Jumat, 26 Februari 2021 - 01:42:32 WIB
Sosok Pengusaha Batu Bara Perempuan Asal Sumbar, Mulai Bisnis dari Umur 18 Tahun Sugesti Edward

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Menjadi pemimpin saat sekarang ini tak hanya bisa dilakukan oleh kaum laki-laki. Tapi, perempuan juga memiliki peluang untuk dapat memegang tampuk kepemimpinan. Salah satunya, seorang pengusaha batu bara perempuan asal Sumbar Sugesti Edward. 

Gesti panggilan akrabnya merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Menjadi anak perempuan pertama, serta-merta membuat Gesti harus memiliki bahu yang kuat serta tidak mudah tergoyahkan. Sifat itu pun tertanam di dalam diri Gesti, perempuan yang lulusan Sastra Inggris Univesitas Negeri Padang (UNP) itu sangat menyukai tantangan.

Baca Juga : Hadiri Wirid di Perumda AM Padang, Hendri Septa Ajak Tingkatkan Kepedulian

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Bahkan, dirinya di umur 18 tahun sudah berani terjun untuk memulai bisnis batu bara pertamanya. Meski tergolong masih remaja dan sering diremehkan, namun Gesti bisa membuktikan bahwa dirinya mampu menjadi seorang pebisnis muda.

Baca Juga : Pemko Padang Gelar Bimtek PPRG Tahun 2021

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

"Semasa kuliah sudah mulai merintis. Dulu kuliah di Sastra Inggris UNP bekerja jadi asisten direktur bagian Public Relation/PR pada Tahun 2008 sambil kuliah juga kerja," katanya saat ditemui Harianhaluan.com, Kamis (25/2/2021).

Baca Juga : Pandemi Belum Reda, Warga Padang Takut Berobat ke Puskesmas

Pernah bekerja dengan perusahaan milik orang lain, tak membuat Gesti berpuas diri. Terlebih di perusahaan tempatnya bekerja mengalami kebangkrutan. Sehingga, ia memberanikan diri membuka perusahaan sendiri pada tahun 2008.

Sudah memiliki mental yang kuat dan cita-cita yang berbeda dari perempuan kebanyakan, Gesti memang sudah memimpikan menjadi seorang pemimpin di sebuah perusahaan. Dirinya bercerita, pada tahun 2008-2009 itu adalah tahun pertama dirinya mencoba bekerjasama dengan investor asal Pakistan.

Baca Juga : Jumlah Penerima BST di Padang Berkurang 2 Ribu KPM

"Memang mau berwiraswasta, dan wiraswasta pertama saya adalah batu bara. Jadi dulu awalnya kita punya stock file di Bypass kerja sama pertama kali dengan investor Pakistan," lanjutnya.

Meski tak mudah memulai bisnis besar dengan umur yang belia, dirinya mengaku pernah berada di titik terendah hidupnya. Bahkan, Gesti pernah merasakan hidup hanya dengan makan tahu setiap hari tanpa nasi. Di bisnisnya itupun mengalami pasang surut dan tidak selalu berjalan sesuai dengan rencana.

Tak sedikit Gesti mendengar omongan miring tentang pekerjaannya itu. Pada awal merintis, Gesti mencoba bertahan karena dirinya ingin membuktikan bahwa perempuan juga bisa memiliki peran dan kedudukan yang sama dengan laki-laki.

"Dulu sering dengar banyak yang bilang mana mungkin anak umur 20 tahun sukses bisnis batu bara paling besoknya gila," ujarnya.

Selain memiliki mental yang kuat, Gesti juga memiliki keterampilan pintar berbahasa asing. Karena hal tersebut membuat dirinya mudah mendapatkan investor asing tanpa mengalami kendala. Di awal terjadinya pandemi Covid-19, bisnisnya tersebut sempat anjlok yang menyebabkan dirinya harus merumahkan karyawan serta menjual semua mobilnya.

Namun, di akhri tahun 2020 Gesti kembali memperlihatkan taji-nya. Bisnisnya melesat jauh hingga memberikannya keuntungan berlipat ganda dari bulan-bulan sebelumnya. Biasanya, ia melakukan transaksi hanya berada dikisaran Rp 50-80 M tapi saat ini bisnisnya melesat hingga jumlah transaksi mencapai Rp 80-120 M.

"Something is better dan mukjizat Allah juga ketika bisnis orang rugi bahkan ada yang gulung tikar tapi kita malah seperti ini. Sangat-sangat bersyukur," ucapnya.

Kini, pemilik PT Sugesti Mandiri Utama itu melebarkan sayapnya dengan merintis bisnis butik dan juga kosmetik. Dirinya sudah memiliki butik yang berlokasi di Jalan Merak No 8, Air Tawar Barat, Kota Padang. Ia berharap kedepannya bisnis batu bara dan juga butiknya berjalan lancar dan dapat membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas lagi.

"Bahwa sukses itu tidak mudah, memang harus berjuang semakin banyak pelecehan semakin semangat saya," katanya.(*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Merinda Faradianti
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]