Luhut Tanggapi soal 'Dekat' dengan China Hingga Istilah 4L


Jumat, 26 Februari 2021 - 07:00:50 WIB
Luhut Tanggapi soal 'Dekat' dengan China Hingga Istilah 4L Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ditunjuk jadi Menteri KKP

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Luhut Binsar Pandjaitan dan  'kedekatannya' dengan China akhirnya terjawab sudah. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ini pun dengan tegas menjelaskan hal tersebut.

"Kita dekat sama China iya, kita dekat dengan Abu Dhabi juga super iya. Kita dapat 19 miliar US dollar dari Abu Dhabi untuk proyek Indonesia. Kita dekat dengan Amerika juga," kata Luhut saat diwawancarai Chairul Tanjung (Founder/Chairman CT Corp) di acara CNBC Indonesia Outlook 2021, Kamis (25/2), seperti dikutip dari detikcom.

Baca Juga : Polemik Vaksin Nusantara, Wakil Ketua DPD RI: Selesaikan Secara Keilmuan

Luhut tak menampik bahwa China adalah cukup dekat dengan Indonesia. Namun, Luhut menegaskan tetap ada aturan-aturan yang RI tuntut kepada China saat bekerja sama.

"Semua investasi (China) harus memenuhi kriteria kita. Semua harus first class technology, teknologi harus ramah lingkungan, kita mau B-to-B tidak G-to-G sehingga debt trap kita bisa hindari, ada juga alih teknologi. Jadi kenapa tidak?" tegas Luhut.

Baca Juga : Tolak Tanggapi Hasil Survei NSN, Risma: Belum Tentu Juga Saya Masih Hidup

Sejauh ini, Luhut menilai China taat dengan aturan-aturan yang ada. Luhut pun meyakinkan Chairul Tanjung bahwa pemerintah tidak akan dirugikan.

"Pak Presiden bilang go ahead, kita hajar saja. Tidak ada utang kita bertumpuk, nggak akan bisa dibodohi. I promise you," tegas Luhut.

Baca Juga : Yang Lain Menolak, Dedi Mulyadi Malah Mendukung: Saya Siap Disuntik Vaksin Nusantara

Pada kesempatan yang sama, CT kembali bertanya soal istilah 4L alias Luhut Lagi Luhut Lagi.

"Di masyarakat ada istilah 4L, pak Luhut sudah dengar kan. Luhut lagi Luhut lagi. Mohon dijelaskan klarifikasinya," kata CT.

Baca Juga : Siap Siaga! 9 Provinsi Ini Diprediksi Bakal Diterjang Topan Surigae

Menjawab hal itu, Luhut pun menjelaskan dirinya yang sering terlibat di banyak sektor mengenai urusan pemerintahan.

"Sebetulnya tidak Luhut Lagi Luhut Lagi. Jadi apa yang saya kerjakan tidak mau kalau tidak holistik, saya tidak mau tidak terintegrasi, karena kalau tidak holistik itu tidak tuntas," kata Luhut.

Dia juga menjelaskan instansi yang dipimpinnya sekarang ini, yaitu Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi membawahi beberapa instansi di sektor yang berbeda-beda, seperti Kementerian PUPR, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Kementerian ESDM, dan lainnya

Bahkan dalam praktik atau eksekusi sebuah program, dikatakan Luhut tidak menutup kemungkinan untuk bersinergi dengan instansi yang di luar dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

"Kalau pembangunan jalan tol itu di bawah saya, ada urusan Kementerian PUPR dan masalah lahannya ada di Kementerian ATR. Karena saya kerja banyak dan yang penting tugas pokok saya dari presiden saya tuntaskan," ungkap Luhut. (*)

Editor : Rahma Nurjana | Sumber : detik.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]