Sertijab Gubernur, Mahyeldi: Pembangunan Sumbar Penuh Tantangan, OPD Harus Pakai Gigi 2


Jumat, 26 Februari 2021 - 11:44:37 WIB
Sertijab Gubernur, Mahyeldi: Pembangunan Sumbar Penuh Tantangan, OPD Harus Pakai Gigi 2 Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy melakukan serah terima jabatan dari Penjabat (Pj) Gubernur Sumbar Hamdani di Auditorium Gubernuran, Jumat (26/2/2021).

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Kamis (25/2/2021) kemarin, Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy melakukan serah terima jabatan dari Penjabat (Pj) Gubernur Sumbar Hamdani di Auditorium Gubernuran, Jumat (26/2/2021).

Hadir dalam kesempatan itu, utusan kemendagri, Ketua DPRD Sumbar, Forkopinda, Bupati dan Walikota, Kepala SKPD dan Instansi Vertikal di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Baca Juga : Kecuali Inhu dan Rohul, 6 Kepala Daerah di Riau Serentak Dilantik 26 April

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di harianhaluan.com

Sertijab dilakukan dengan protokol kesehatan ketat dimana hanya yang berkepentingan yang bisa masuk ke ruangan Auditorium. 

Baca Juga : Pilkada 2020 Sukses, Wabup Sabar Puji Kinerja Pengawasan Bawaslu

Acara diawali dengan penandatanganan berita acara sertijab Gubernur Sumbar dan penyerahan memori jabatan dari Hamdani kepada Mahyeldi.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di harianhaluan.com

Baca Juga : Persiapan Pemilu 2024, Bawaslu Publikasikan Hasil Pengawasan Pilkada

Hamdani menyampaikan, beberapa hal penting untuk dilakukan gubernur terpilih demi kemajuan Sumbar. Diantaranya agar bisa mencari sumber dana lain selain APBD serta percepatan progres jalan tol Sumbar - Riau.

Hal senada juga ditegaskan Ketua DPRD Sumbar, Supardi. Ia berharap Gubernur selesaikan persoalan jalan tol satu-satunya proyek strategis nasional di Sumbar.

Baca Juga : MK Putuskan Pemungutan Suara Ulang di Inhu dan Rohul

"Pada Pak Gubernur dan Wakil Gubernur saya titip satu-satunya proyek strategis nasional di Sumbar, jalan tol. Tidak ada progresnya. Saya harap Gubernur dan Wakil bisa ambil alih ini. Proyek ini besar pengaruhnya pada pertumbuhan ekonomi kita," kata Supardi.

Menyikapi pesan dari mantan Pj Gubernur Sumbar dan Ketua DPRD Sumbar, Mahyeldi menyatakan, kesiapannya menjalankan tugas sebagai kepala daerah dimasa yang sulit ditengah pandemi Covid-19 saat ini.

"Pembangunan Sumbar ke depan memang penuh tantangan. Dengan dukungan semua pihak, kita yakin kita mampu. Pak Sekda dan Kepala OPD harus pakai gigi 2, harus ada percepatan. Insyaallaah dengan niat baik, dengan Bismillaah kita mulai percepatan pembangunan Sumbar," kata Mahyeldi.

Sebelum melepas kepergian Hamdani untuk kembali bertugas menjadi Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Mahyeldi mengucapkan terimakasih kepada Hamdani.

Sebelumnya, Sumbar kembali mencatat sejarah, hari Kamis 25 Februari 2021, Gubernur Mahyeldi Ansharullah dan Wakil Gubernur Audy Joinaldy resmi dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo, di Istana Negara Jakarta, Kamis (25/2/2021).

Mahyeldi Ansharullah Gubernur dan Audy Joinaldy Wakil Gubernur memimpin Sumatera Barat, masa bakti 2021- 2024 dengan harapan apa yang sudah di proklamirkan menjadikan Sumbar semakin hebat dapat terwujud dan pembangunan nyata memihak kepada masyarakat.

Pelantikan di masa pandemi Covid-19 ini berbeda, dimana kehadirannya terbatas hanya di hadiri oleh Wakil Ketua DPRD Sumbar, Pj.Gubernur dan juga keluarga inti isteri dan anak melalui sejumlah protokol kesehatan secara ketat. Acara pelantikan wajib swab H-1 sebelum pelantikan di Rumah Sakit yang telah ditunjuk, seperti di RS. Bunda, Medistra atau Siloam.

Mahyeldi dan Audy menuju Istana Merdeka atau Istana Negara menggunakan kendaraan Buggy Car dan setelah tiba di halaman Istana Merdeka, jalan kaki melewati jajar kehormatan Paspampres dan tiba di Ruang Kredensial Istana Merdeka dijemput protokol istana dan Presiden selanjutnya Perkenalan oleh Protokol Istana dan pengambilan Petikan SK Presiden di Meja yang disiapkan.

Tepat Pukul 10.30 WIB Acara Pelantikan yang diawali dengan, lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Pembacaan SK, Pengucapan Sumpah/Janji, Penandatanganan Berita Acara Sumpah dan Janji.

"Demi Tuhan saya berjanji, bahwa saya akan memenuhui kewajiban saya sebagai gubernur dengan sebaik-sebaiknya dan seadil-adilnya memegang teguh Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturan dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, Nusa, dan Bangsa," ujar Jokowi yang diikuti Gubernur Mahyeldi dan Wakil Gubernur Audy Joinaldy. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Rahma Nurjana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]