Kenal Lebih Dekat dengan Ramadhani Kirana Putra, Wakil Wali Kota Solok Berusia 34 Tahun yang Dilantik Hari ini


Jumat, 26 Februari 2021 - 12:13:33 WIB
Kenal Lebih Dekat dengan Ramadhani Kirana Putra, Wakil Wali Kota Solok Berusia 34 Tahun yang Dilantik Hari ini Ramadhani Kirana Putra

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solok Zul Elfian dan Ramadhani Kirana Putra resmi dilantik hari ini oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi di Auditorium Gubernuran, Jumat (26/2/2021). Pasangan tersebut memenangkan Pilkada Kota Solok dan ditetapkan berdasarkan Keputusan KPU Kota Solok Nomor: 146/PL.02.6-Kpt/1372/KPU-Kot/XII/2020.

Maju bersama pertahana, Ramadhani Kirana Putra miliki perolehan suara 12.920 atau sekitar 35.22 persen yang diumumkan pada hasil rekapitulasi Pilkada Kota Solok 2020. Paslon Zul Elfian - Ramadhani itu diusung oleh tiga partai yaitu PAN, PKS, dan NasDem.

Baca Juga : Wabup Pessel Resmikan Masjid Ar-Rahman Rawa Bubur Tapan

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di harianhaluan.com

Ramadhani Kirana Putra atau yang kerap disapa Dhani merupakan anak muda asli Solok yang lahir pada 8 Juli 1987. Terlahir sebagai anak ke-16 dari 18 bersaudara, Dhani memberanikan mengikuti Pilkada Kota Solok tahun 2020 sehingga dirinya banyak menjadi pembahasan hangat di kalangan politisi dan masyarakat. Meski tergolong masih muda, Dhani pernah menjabat sebagai anggota DPRD Kota Solok periode kedua.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Virus Corona di Sumbar: Positif 169, Sembuh 162, dan Meninggal Dunia 4 Orang

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di harianhaluan.com

Menempuh pendidikan sekolah dasar hingga menengah atas, Dhani selesaikan di Kota Solok. Kemudian, setelah tamat SMA Dhani melanjutkan pendidikannya di Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Solok di Fakultas Ekonomi. Kemudian, ia juga melanjutkan pendidikan Magister Managemen di UPI YPTK Padang. Lalu, Dhani kembali melanjutkan pendidikan Doktoral Ilmu Ekonomi Universitas Borobudur, Jakarta.

Baca Juga : Safari Ramadan, Gubernur: Yang Menguatkan Iman dan Adab adalah Alquran

Pria yang kini resmi dilantik sebagai Wakil Wali Kota Solok itu dikenal memiliki kepribadian supel dan banyak teman. Sehingga, ia terbilang aktif di beberapa organisasi kampus maupun luar kampus. Ia pernah bergabung di organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Legislatif Mahasiswa (DLM), dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), serta Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumatera Barat.

Selain itu, dirinya juga pernah menduduki jabatan sebagai Ketua Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi Indonesia Regional Sumatera 2007-2009, Ketua Umum HMI Komisariat ekonomi UMMY 2006-2007, Ketua Umum HMI Cabang Solok 2007-2008, Sekretaris Umum BDKO HMI Sumatera Barat 2008-2009, Departemen Hubungan Antar Lembaga Pengurus Besar HMI 2009-2010.

Baca Juga : Bantu Korban Bencana di Sulbar, Pemprov Sumbar Kembali Gelontorkan Dana Rp241 Juta

Hingga, pada tahun 2015-2019 dirinya bergabung dan menjabat sebagai Bendahara Umum Partai GOLKAR Kota Solok 2015-2019, Ketua Bidang Ikatan Pengusaha KAHMI SUMBAR 2014-2019, Ketua Umum Persatuan Kempo Indonesia (PERKEMI) Kota Solok.

Di DPRD Kota Solok, Dhani menjadi satu-satunya anggota yang memiliki pendidikan doktoral dan berhasil duduk selama dua periode.(*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Nova Anggraini
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]