Pelaku Budidaya Perikanan Air Tawar di Kota Pariaman Keluhkan Serangan Hama


Jumat, 26 Februari 2021 - 16:38:39 WIB
Pelaku Budidaya Perikanan Air Tawar di Kota Pariaman Keluhkan Serangan Hama Cithra Aditur Bahri

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pelaku budidaya perikanan air tawar di Kota Pariaman mulai melaporkan serangan hama penyakit terhadap usaha perikanan mereka.
   
Hal itu dibenarkan Kepala Bidang Perikanan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Cithra Aditur Bahri, "Kamis (25/2-2021).

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di harianhaluan.com

Baca Juga : Denda Pelanggar AKB di Sumbar Terkumpul Rp90 Juta

"Baru satu laporan yang masuk soal usaha perikanan air tawar masyarakat yang terserang hama penyakit. Laporan itu dari kelompok Dalicin di Desa Rambai segera disikapi dan tindak lanjutnya tidak dapat dilakukan karena ikanya keburu dipanen. Namun dari laporan yang diterima, petugas dinas melakukan survei terhadap budidaya perikanan yang ada di daerah ini," kata Cithra.
   
Pembudidaya perikanan air tawar atau RTP (Rumah Tangga Perikanan) saat ini memperlihatkan perkembangan. RTP ada yang bergerak di budidaya ikan lele, nila dan gurami dengan kolam ada yang beton, namun ada pula yang kolam terpal.
 
Simak Terus Berita Sumbar Terkini di harianhaluan.com
 

Namun, kata Cithra, yang harus menjadi perhatian saat terjadi perubahan iklim, biasanya pada saat seperti ini, banyak ikan budidaya yang terserang penyakit seperti kena virus, bakteri dan bisa juga jamur.
   
"Pada musim panas, suhu air di kolam ikan harus diperhatikan, normalnya 20-28 derajat Celsius. Selain menjaga suhu air kolam ikan di saat terjadi perubahaan iklim, ikan juga perlu suplai vitamin agar daya tahan tubuhnya terjaga baik dan kuat. Bila suhu air kolam di atas normal, ikan di kolam dapat terserang penyakit. Bila terlihat tanda-tanda terserang penyakit, segeralah melapor ke dinas untuk solusi terbaik," kata Cithra.(*)

Reporter : Trisnaldi | Editor : Nova Anggraini
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]