Masyarakat Nagari Sikucua Barat Dialogkan Hal-hal Penting dengan Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa


Jumat, 26 Februari 2021 - 16:58:40 WIB
Masyarakat Nagari Sikucua Barat Dialogkan Hal-hal Penting dengan Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa Anggota Komite I DPD RI, H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH bersama masyarakat Sikucua Barat

PARIK MALINTANG, HARIANHALUAN.COM - Kesulitan di bidang pertanian juga dikeluhkan Ketua Bamus Sikucua Barat, Junaidi Rangkayo Basa dan penyuluh swadaya Sefia. Kondisi itu juga diperparah dengan adanya hama serta kelangkaan dan mahalnya harga pupuk. 

"Hanya 20 persen sawah yang bisa dimanfaatkan saat ini,” ungkapnya, Kamis (26/2/2021).

Baca Juga : Denda Pelanggar AKB di Sumbar Terkumpul Rp90 Juta

Camat V Koto Kampung Dalam, Vemi Tulalo pun membenarkan kondisi yang menimpa nagari pemekaran di wilayah kerjanya itu. Katanya, akses jalan memang sangat diharapkan oleh mereka. Menurutnya ada beberapa akses jalan yang sangat prioritas. Digambarkannya pula bahwa akses jalan antar korong hanya bisa ditempuh dengan roda dua. Itu pun lebih banyak ruas yang sulit dilalui.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di harianhaluan.com

Baca Juga : Sumbar akan Bangun Flyover Sitinjau Lauik, Tahun Ini Mulai Urus Izin Lahan dan Hutan Lindung

“Harapan mereka tertumpang kepada Bang Leonardy karena telah sering diusulkan namun belum ada realisasinya. Dengan bantuan Abang, mudah-mudahan pemerintah kabupaten dan pemerintah provinsi lebih memperhatikan hal ini,” ujar Vemi Tulalo.

Anggota Komite I DPD RI, H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH menyebutkan harapan masyarakat Sikucua Barat perlu mendapat perhatian serius. Apalagi mengingat akibat yang dirasakan masyarakat dari sisi pereonomian mereka. Leonardy menyebutkan bahwa bendungan Lubuak Kuning beserta sejumlah jalan, irigasi dan normalisasi sungai dianggarkan pada masa kepemimpinannya di DPRD Sumbar.

Baca Juga : Dua Kecamatan di Dharmasraya Masuk Zona Hijau

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di harianhaluan.com

"Dan sudah tepat jika bendungan itu diusulkan perbaikannya ke Dinas PSDA Sumbar. Usulan itu pun hendaknya dikawal oleh wakil rakyat dari daerah pemilihan Kabupaten Padang Pariaman," ungkapnya.

Baca Juga : Belasungkawa dari Pegawai sampai Pimpinan DPRD Solsel, Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Meninggal

Terkait dengan jalan penghubung kabupaten yang melewati nagari itu, walinagari dan tokoh masyarakat kata Leonardy bisa membina komunikasi yang harmonis dengan Anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman. Di daerah pemilihannya dari Padang Pariaman 4 yang meliputi Padang Sago, Patamuan, V Koto Timur, V Koto Kampung Dalam dan VII Koto Sungai Sariak.

"Jangan mengharapkan dana pokok pikiran dari anggota dewan saja. Melainkan arahkan kepada program dan kegiatan pembangunan yang bisa mereka perjuangkan untuk Sikucua Barat khususnya dan V Koto Kampung Dalam pada umumnya," jelasnya.

Ketua Badan Kehormatan DPD RI itu juga mengajak walinagari, perangkat beserta tokoh masyarakat di sana untuk mengembangkan produk unggulan nagari. Mendirikan Bumnag yang akan mengelola dan memasarkan produk unggulan tersebut. Keuntungan Bumnag bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.(*)
 

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Nova Anggraini
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]