Pelatih Favorit dan Kemandirian Ala Pemain Garuda Select Saat di Inggris


Jumat, 26 Februari 2021 - 17:50:33 WIB
Pelatih Favorit dan Kemandirian Ala Pemain Garuda Select Saat di Inggris Para pemain Garuda Select saat mendengar arahan pelatih.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Para pemain Garuda Select Jilid Ketiga, sudah beberapa bulan berada di Inggris, mereka pun mengungkapkan siapa pelatih favorit pilihannya masing-masing dan juga bagaimana cara mereka belajar kemandirian saat berada di negeri Ratu Elizabeth II itu. Adre Arido, Noval Junior Iskandar, dan I Putu Dipa Yogi Arta memiliki pilihannya masing-masing.

“Kalau favorit saya Coach Dennis Wise dan Coach Danny Holmes karena mereka berdua asyik orangnya baik saat di lapangan maupun di luar lapangan. Kalau pilihan dari Noval Junior Iskandar, sama seperti pemain asal Tanzania, Afrika, Shabani Mbwana Kingazi. “Sama seperti kata Shabani, semua pelatih sangat membantu saya untuk bisa menjadi lebih baik di semua aspek,” katanya dilansir laman PSSI.

Baca Juga : Timnya Dikalahkan MU 1-3, Jose Mourinho Malah Ngambek

Di luar lapangan pelatih Garuda Select sangat bersahabat kepada pemain. Mereka bahkan tak ragu belajar Bahasa Indonesia untuk membuat hubungan dengan pemain semakin akrab. “Coach Jake paling bersahabat dan bisa menguasai beberapa kata dalam Bahasa Indonesia. Dia bisa berhitung serta bicara 'bagus sekali' dan 'mantap'. Selain itu, Coach Jake saya ajari lagu 'Cuma Saya' dari M.A.C dan dia bisa ikut bernyanyi,” cerita I Putu Dipa Yogi Arta.

“Kalau menurut saya Coach Danny sangat lucu dan dia juga sudah bisa beberapa kata dalam Bahasa Indonesia seperti 'ayo kumpul' dan 'bagi bola',” jelas Noval kembali.

Baca Juga : Milan Atasi Parma, Ibrahimovic Diusir dari Lapangan

Berada jauh dari keluarga dan orang-orang terdekat di usia muda tentu tidak mudah. Ditambah lagi, segala kebutuhan pribadi mulai dari mengatur keuangan, membeli kebutuhan sehari-hari, hingga mencuci pakaian juga harus dilakukan sendiri. Maka dari itu, pelatih, mungkin sebagai sosok pengganti dari orang tua mereka yang juga secara tidak langsung, menjadi keluarga baru bagi para pemain Garuda Select.

Setidaknya itulah gambaran dari apa yang harus dilakukan para pemain Garuda Select di luar waktu latihan dan pertandingan. Beberapa pemain pun menceritakan pengalaman mereka hidup jauh dari keluarga dan harus mengurus semuanya sendiri.

Baca Juga : Benzema dan Kross Bawa Madrid Menang di Duel Clasico

Selain pentingnya melatih kemandirian dalam kegiatan sehari-hari, para pemain juga bisa belajar untuk bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan belajar sebagai individu yang mempunyai kedisiplinan. Hal yang sangat penting untuk bekal kehidupan mereka nanti ketika dewasa dan apabila mereka akan berkarir di tempat yang jauh dari negara asal mereka. (*)

Reporter : Agoes Embun | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]