Peluang untuk Tenaga Kerja, Dibuka Pendaftaran Kerja ke Jepang untuk Perawat


Jumat, 26 Februari 2021 - 18:00:39 WIB
Peluang untuk Tenaga Kerja, Dibuka Pendaftaran Kerja ke Jepang untuk Perawat Basrial Jamal

PADANG ARO, HARIANHALUAN.COM - Pendaftaran calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) untuk ke Jepang tahun penempatan 2022 mulai dibuka awal Maret 2021. Tenaga kerja (naker) yang dibutuhkan nurse (perawat) untuk perempuan dan careworker (pekerja perawatan) untuk pria dengan usia maksimal 35 tahun per-31 Mei 2021.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Solok Selatan (Solsel) Basrial Jamal pada harianhaluan.com mengatakan bahwa calon tenaga kerja ke Jepang untuk penempatan tahun 2022. Pengumuman secara resmi disampaikan oleh Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI). 

Baca Juga : Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Lubuk Buaya Padang Mulai Normal

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di harianhaluan.com

"Apabila ada peminat, silahkan melihat pengumuman di situs resmi BP2MI. Dengan kualifikasi pendidikan D3 Keperawatan atau D4 Keperawatan atau S1 Keperawatan," katanya, Jumat (26/2/2021).

Baca Juga : Batam Night Market Bangkitkan Ekonomi UMKM Terdampak Pandemi

Untuk naker asal Solsel yang berminat, menurutnya bisa langsung mengakses situs, http://g2g.bp2mi.go.id atau langsung ke alamat website: bp2mi.go.id/gtog-detail/jepang/pengumuman-pendaftaran-penempatan-calon-kandidat-pekerja-migran-indonesia-pmi-nurse-kangoshi-dan-calon-kandidat-pmi-careworker-kaigofukushishi-program-g-to-g-ke-jepang-batch-xv-penempatan-tahun-2022.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di harianhaluan.com

Baca Juga : Bank Nagari Serahkan Hadiah untuk Pemenang Lomba Karya Tulis Jurnalistik

"Pendaftaran dibuka awal Maret 2021. Jika ada kendala bisa datang langsung ke Disnakertrans Solsel, nanti dipandu oleh admin di hari kerja," lanjutnya.

Ditambahkan, setelah proses pendaftaran secara daring dilakukan dan dinyatakan bahan lengkap atau lulus seleksi maka tahap selanjutnya, calon naker akan dibekali pelatihan dan pendidikan. "Biaya pendidikan dan keberangkatan ditanggung oleh negara. Selama ini yang menjadi persoalan adalah kendala biaya saat persiapan jelang dinyatakan lulus," ujarnya.

Baca Juga : Lagi, Tiongkok akan Investasi 1,38 Miliar Dolar AS di Indonesia

Pihaknya berharap, apabila ada minat calon naker asal Solsel untuk bekerja di Jepang. Hal yang perlu dipersiapkan selain kelengkapan kualifikasi secara administrasi, juga perlu mempersiapkan integritas, kepribadian sikap dan faktor kesehatan. (*)
 

Reporter : Jefli | Editor : Nova Anggraini
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]