Mengenal Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, Pengusaha Muda yang Dekat dengan UAS


Jumat, 26 Februari 2021 - 18:18:55 WIB
Mengenal Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, Pengusaha Muda yang Dekat dengan UAS Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sosok Erman Safar yang dilantik menjadi Wali Kota Bukittinggi, Provinsi Sumbar pada Jumat (26/2/2021).

Erman Safar bersama Wakil Wali Kota Bukittinggi Marfendi Maad dilantik Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah di Auditorium Gubernuran sekira pukul 10.00 WIB.

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Sumbar 17-19 April, Simak Wilayah yang Diperkirakan Hujan

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Pilkada 2020 lalu, Erman Safar-Marfendi Maad melawan petahana Ramlan Nurmatias yang berpasangan dengan Syahrizal. Lawan lainnya yakni Irwandi yang berpasangan dengan David Chalik.

Dalam Pleno KPU Bukittinggi pada 17 Desember 2020, Erman Safar-Marfendi meraih suara terbanyak dengan total suara 24.650 atau 44,49 persen.

Baca Juga : Wabup Pessel Resmikan Masjid Ar-Rahman Rawa Bubur Tapan

Kemudian diikuti Ramlan Nurmatias-Syahrizal yang ikut Pilkada melalui jalur perseorangan dengan 22.782 suara atau 41,12 persen.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Posisi terakhir ditempati Irwandi-David Chalik yang diusung PAN, Nasdem dan PKB dengan total 7.792 suara atau 14,39 persen.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Virus Corona di Sumbar: Positif 169, Sembuh 162, dan Meninggal Dunia 4 Orang

Sosok Erman Safar memang memiliki pendukung fanatik. Dia dikenal dekat dengan sejumlah ustadz kondang, salah satunya adalah Ustadz Abdul Somad (UAS).

Buktinya saat mendaftar ke KPU Bukittinggi pada Minggu (6/9/2020) lalu, Erman Safar-Marfendi diantar Ustadz Abdul Somad. Selain UAS, juga terlihat tokoh lainnya yang ikut mengantarkan pasangan ini, yaitu Ustaz Zulkifli Muhammad Ali, Wakil Ketua MUI Tengku Zulkarnain, Ketua DPD Gerindra Andre Rosiade, Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon, dan pasangan cagub-cawagub Sumbar Nasrul Abit-Indra Catri.

Baca Juga : Safari Ramadan, Gubernur: Yang Menguatkan Iman dan Adab adalah Alquran

Lantas Siapa Erman Safar?

Erman Safar lahir di Bukittinggi pada 13 Mei 1986. Dia merupakan seorang pengusaha muda yang sukses di Kota Bandung yang kini masih berusia 34 tahun.

Kedua orang tua Erman Safar berasal dari Tilatang Kamang, Nagari Kamang Mudiak. Kedua orang tuanya sudah sangat lama di Bukittinggi, tinggal di Sawah Paduan, RT 1, RW 3, Kelurahan Pakan Kurai, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

Erman Safar menikah dengan Fiona Agyta, dan Allah mengaruniai mereka seorang anak perempuan.

Pendidikan

Sejak kecil Erman Safar menetap di Bukittinggi, dia memilih pendidikan di SDN 09 Pakan Kurai (1992- 1998). Setelah itu melanjutkan ke MTSN 1 Bukittinggi (1998-2001), dan SMAN 5 Bukittinggi.

Setamat SMA, Erman Safar merantau ke Bandung untuk meneruskan pendidikan di Universitas Padjajaran (UNPAD).

Pengalaman Organisasi

Erman Safar pernah berkecimpung di Badan Eksekutif Mahasiswa FH UNPAD, Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bandung, Ketua Yayasan Bukittinggi Madani Berbagi tahun 2009.

Tak hanya itu, dia juga pernah menjabat Dewan Pimpinan Cabang Kota Bukittinggi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) tahun 2020.

Pekerjaan

Erman Safar pernah bekerja sebagai Presiden Direktur di Rajasaland Group sejak tahun 2013. Dia juga pernah menjabat Direktur Utama di PT Raja Prima Sumatera tahun 2013.

Penghargaan

Wirausaha Muda Mandiri dari Bank Mandiri tahun 2018, Most Innovative Display dari HMI tahun 2008, dan Most Theme & Concept tahun 2017. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]