Leonardy Datang Berkunjung, Warga Sikucua Barat Keluhkan Akses Layanan Komunikasi


Jumat, 26 Februari 2021 - 19:40:56 WIB
Leonardy Datang Berkunjung, Warga Sikucua Barat Keluhkan Akses Layanan Komunikasi Anggota Komite I DPD RI, H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH datang berkunjung ke Nagari Sikucua Barat. Di sana ia mengajak warga berdialog membahas mengenai penanganan nagari dan diskusi lainnya.

SIKUCUA BARAT, HARIANHALUAN.COM - Anggota Komite I DPD RI, H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH datang berkunjung ke Nagari Sikucua Barat. Di sana ia mengajak warga berdialog membahas mengenai penanganan nagari dan diskusi lainnya.

Warga Sikucua Barat mengatakan, mereka mengalami kesulitan dalam hal akses terhadap layanan komunikasi dan informasi. Jangankan untuk akses internet, hubungan saluran telepon pun kerap mengalami gangguan.

Baca Juga : Wabup Pessel Resmikan Masjid Ar-Rahman Rawa Bubur Tapan

Kemudian, anak-anak nagari pun memanfaatkan wifi nagari untuk kebutuhan belajar online mereka. Namun kondisi ini umumnya lebih banyak dimanfaatkan oleh pelajar yang dekat dengan kantor nagari.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Pemerintah nagari setempat sangat berharap agar warganya lebih dapat menikmati akses telepon dan internet. Menanggapi hal tersebut, Leonardy menguraikan mengenai program digitalisasi desa yang dicanangkan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo).

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Virus Corona di Sumbar: Positif 169, Sembuh 162, dan Meninggal Dunia 4 Orang

"Optimis untuk turut menikmati Digitalisasi Desa sesegeranya. Pasti sangat bermanfaat bagi kemajuan nagari itu," katanya, Kamis (26/2/2021).

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Leonardy mengungkapkan, program digitalisasi desa ditujukan untuk 7.904 desa yang belum terlayani oleh komunikasi telepon dan internet. Kemudian termasuk juga layanan untuk mempercepat internet pada 12.548 desa/kelurahan dari 83.218 desa/kelurahan di Indonesia.

Baca Juga : Safari Ramadan, Gubernur: Yang Menguatkan Iman dan Adab adalah Alquran

Biasanya, penyedia layanan internet membeli tanah untuk tempat tower, membangun tower dan menyiapkan layanannya.

"Dan mereka tentu berhitung untung rugi. Untuk itu, Kemendes PDTT dan Kemkominfo melakukan percepatan layanan. Desa/nagari menyiapkan lokasi pembangunan tower, Kemendes membangun tower dan infrastruktur penunjang. Adapun Kemkominfo lewat Badan Akses Komunikasi dan Telekomunikasi Indonesia yang memberikan layanan beserta dukungan teknologinya," lanjutnya.

Baca Juga : Bantu Korban Bencana di Sulbar, Pemprov Sumbar Kembali Gelontorkan Dana Rp241 Juta

Leonardy pun mengungkapkan optimismenya bahwa Nagari Sikucua Barat dapat melewati validasi lapangan terkait lokasi hingga ketersediaan listrik di sana.

Leonardy mengimbau agar walinagari mempersiapkan perangkat nagari yang mampu memanfaatkan perangkat digital tersebut. Perangkat nagari yang mampu mentransfer ilmu, wawasan dan keahlian digitalnya secara terintegrasi dan berkesinambungan kepada masyarakat Sikucua Barat.

"Semua demi memberikan dampak positif bagi berbagai sektor kehidupan anak nagari, apakah di sektor pendidikan, layanan masyarakat, layanan kesehatan, perekonomian, pertanian dan sebagainya," harapnya. (*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]