Bhabinkamtibmas Sawahlunto Turut Dorong Perkembangan UMKM


Jumat, 26 Februari 2021 - 19:51:54 WIB
Bhabinkamtibmas Sawahlunto Turut Dorong Perkembangan UMKM Bhabinkamtibmas dampingi usaha budidaya ulat amggot. (Foto: Fadil)

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Tidak hanya masalah keamanan dan ketertiban, sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) juga menjadi perhatian khusus jajaran kepolisian. Pandemi Covid-19 berpengaruh kepada banyak kesejahteraan dan pendapatan warga.

Agaknya hal itu menjadi alasan bagi Bhabinkamtibmas wilayah Hukum Desa Pasar Kubang Kota Sawalunto, Bripka Riko Liberta, berinisiatif mendorong warga untuk dongkrak usaha yang digeluti.

Baca Juga : Wabup Pessel Resmikan Masjid Ar-Rahman Rawa Bubur Tapan

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

"Kami memang menginstruksikan Bhabinkamtibmas untuk jeli memperhatikan peluang-peluang bagi masyarakat dalam menambah penghasilan," ungkap Kapolsek Kota Sawahlunto, Iptu Marwan kepada harianhaluan.com, Jumat (26/2).

Bagi Marwan, bergeraknya usaha masyarakat, akan berdampak pada kesejahteraan. Semakin sejahtera, tentu aksi yang mengarah ke tindakan kejahatan, akan ikut berkurang. Artinya terjadilah situasi yang kondusif," ujar Kapolsek.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Virus Corona di Sumbar: Positif 169, Sembuh 162, dan Meninggal Dunia 4 Orang

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Kawasan Desa Pasar Kubang, Bhabinkamtibmas yang diemban Bripka Riko Liberta, melakukan kerja sama dengan warga. Selain menjaga Kamtibmas, Bripka Riko Liberta juga terlibat membantu peningkatan ekonomi kreatif rakyat.

Bagi Bripka Riko Liberta, Desa Pasar Kubang memiliki tiga bentuk usaha yang berpotensi untuk dikembangkan.

Baca Juga : Safari Ramadan, Gubernur: Yang Menguatkan Iman dan Adab adalah Alquran

"Dari 300 kepala keluarga, hampir 80 keluarga memiliki usaha sampingan membuat kerupuk ubi. Juga ada usaha pembuatan pakan ikan air tawar, yakni, ulat maggot dengan memanfaatkan sisa-sisa makanan difermentasi.

Selain itu juga ada usaha madu galo-galo. Bripka Riko Libert ikut serta membantu masyarakat mulai dari proses awal pembuatan sampai telah menjadi kemasan. Riko tidak ragu turun tangan langsung meski berseragam polisi, menurutnya ini suatu kepuasan sanubari dapat mengabdi langsung ke masyarakat.

Baca Juga : Bantu Korban Bencana di Sulbar, Pemprov Sumbar Kembali Gelontorkan Dana Rp241 Juta

"Tentu bagi saya, masyarakat Desa Kubang sudah seperti dunsanak, tidak ada halangan bagi kita untuk berkecimpung dalam proses produksi kerupuk ubi ini dan juga pembuatan pakan ikan ulat maggot. Kita akan terus mendorong usaha ekonomi kerakyatan untuk terus bertumbuh," pungkasnya.

Reporter : Fadilla Jusman | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]