Leonardy Harmainy: Pariwisata Sumbar Butuh Kepedulian Semua Elemen


Jumat, 26 Februari 2021 - 20:33:42 WIB
Leonardy Harmainy: Pariwisata Sumbar Butuh Kepedulian Semua Elemen Anggota DPD RI Leonardy Harmainy.

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Dunia pariwisata Sumbar akan bisa 'booming' lagi jika ada goodwill dari kepala daerah. Tak hanya itu hal penunjang lainnya juga harus diiringi dengan kepedulian dari semua elemen dan tentu saja dengan meminimalkan egosektoral.

Hal itu diungkap dalam Diskusi Tigabelasan yang dilaksanakan Jaringan Pemred Suratkabar (JPS) Sumbar bertema “Strategi Booming Pariwisata Sumbar di Masa Pandemi” yang digelar pada Sabtu, (13/2/2021).

Baca Juga : Kolam Pemandian Hotwater Boom Solsel Tetap Buka, Satpol-PP Gelar Patroli

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Sebagai Pembina JPS, H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH menegaskan pariwisata Sumbar harus dijadikan berkembang pesat lagi.

“Sudah sangat tepat apa yang dilakukan JPS. Biasanya media diundang dalam acara-acara pariwisata. Sekarang media yang membuat acaranya. Perlu kita hargai upaya-upaya ini,” ujar Ketua Badan Kehormatan DPD RI itu.

Baca Juga : Hati-hati! Eksploitasi Anak Rawan Terjadi di Wisata Indonesia

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Leonardy menilai kegiatan ini dilaksanakan karena pemimpin media di Sumbar sangat peduli dengan pariwisata. Mereka memahami banyak yang tergantung kehidupannya dengan pariwisata. Banyak dapur yang tergantung kepada pariwisata itu, seperti biro perjalanan, hotel dan restoran, pengusaha transportasi.

Kemudian juga pengelola objek wisata, pelaku usaha kuliner, pelaku usaha kerajinan, masyarakat sekitar objek wisata yang penghidupannya di sektor pariwisata seperti tukang parkir, tenaga pengamanan, pedagang kecil dan lainnya.

Baca Juga : Sandiaga Uno Mengaku Merinding Saat Salat Isya di Hotel Marbella Anyer, Ada Hantu?

“Harus ada kebijakan yang memihak dari pemerintah untuk pengembangan pariwisata. Jangan hanya karena faktor kesehatan dilakukan pelarangan-pelarangan yang berdampak besar terhadap pariwisata. Perlu diingat, kesehatan itu penting tapi ekonomi harus hidup,” tegasnya.

Dia juga meminta para pemimpin media di Sumbar untuk melakukan berbagai kegiatan-kegiatan positif di bidang pariwisata. Media juga harus jeli mengungkapkan angka-angka untuk kemajuan pariwisata Sumbar. Ia juga mengimbau para perantau Sumbar untuk berani pulang kampung di masa pandemi asalkan menjaga protokol kesehatan.

Baca Juga : Pariwisata Era Baru, Sandiaga: Berbasis Alam Terbuka

Ketua Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Sumbar, Ian Hanafiah menyebutkan Covid-19 memang menghantui sektor pariwisata. Hanya saja Indonesia masih terbantu oleh wisawatan domestik.

“Kami yakin, begitu covid melandai, Sumbar bisa bangkit lagi karena market perantau kita sangat besar,” ujarnya.

Dia juga meyakinkan, pengalaman MTQ Nasional di Sumbar memberikan keyakinan bahwa pengawasan yang ketat di Bandara Internasional Minangkabau telah membuat para kafilah dan pengunjung dari daerah lain merasa nyaman.(*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]