Jangan Panik! Ini Cara Menangani Orang Pingsan


Jumat, 26 Februari 2021 - 20:53:29 WIB
Jangan Panik! Ini Cara Menangani Orang Pingsan Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pingsan adalah kondisi saat tubuh kehilangan kesadaran karena otak kekurangan pasokan darah atau oksigen. Masalah kesehatan ini biasanya selama beberapa detik hingga menit.

Sebelum pingsan, orang terkadang merasa pusing, lemas, mual, atau suara-suara di sekitarnya perlahan mulai menghilang. Sebelum membahas cara mengatasi orang pingsan, kenali dulu beragam penyebabnya.

Baca Juga : Pria Lajang Lebih Berisiko Terkena Penyakit Mematikan Ini

Penyebab pingsan

Melansir Healthline, ada beberapa penyebab pingsan, antara lain: takut, stres, trauma emosional, sakit parah, penurunan tekanan darah secara tiba-tiba, gula darah turun drastis karena diabetes, hehidrasi atau kekurangan cairan, berdiri terlalu lama, kepanasan, kejang efek samping obat tertentu.

Selain itu, orang juga bisa karena penyakit jantung, penyumbatan pembuluh darah, detak jantung tidak teratur, emfisema, atau serangan panik.

Baca Juga : Dokter Maxi: Percepatan Vaksinasi Butuh Peran Seluruh Elemen Masyarakat

Melansir dari Kompas.com melalui WebMD, Jumat (26/2/2021), pingsan biasanya bukanlah gangguan kesehatan yang perlu dikhawatirkan. Namun, pingsan terkadang bisa jadi gejala penyakit serius seperti penyakit jantung.

Cara menangani orang pingsan

Saat mendapati orang tidak sadarkan diri, berikut beberapa cara menangani orang pingsan: bawa ke tempat yang aman.

Baca Juga : Sumbar 155 Kasus, Jabar dan DKI Terbanyak Penambahan Positif Covid-19 Sabtu Ini

Melansir Cleveland Clinic, pertolongan pertama untuk orang pingsan adalah membawanya ke tempat yang aman, teduh, dan sejuk. Setelah itu, baringkan tubuh orang yang pingsan untuk mengantisipasi serangan pingsan lagi.

Jika tidak ada cedera dan orang yang pingsan masih bernapas dengan normal, angkat atau posisikan kaki orang yang pingsan lebih tinggi dari jantung. Ganjal kaki setidaknya 30 centimeter.

Baca Juga : Ini Tips Mencegah Dehidrasi Kulit saat Berpuasa

Apabila memungkinkan, kendurkan ikat pinggang, kerah, atau pakaian ketat lainnya agar orang yang pingsan bisa bernapas dengan lega.

Buat orang yang pingsan sadar

Untuk mencegah orang yang pingsan kembali tidak sadarkan diri, jangan buru-buru meminta orang yang pingsan untuk segera bangun dari posisi berbaring.

Coba kembalikan kesadarannya dengan menggoyang-goyangkan tubuh orang yang pingsan, menepuk-nepuk, atau panggil dengan suara keras.

Jika orang yang pingsan tidak merespons, segera minta pertolongan medis darurat atau bawa ke rumah sakit terdekat.

Miringkan tubuh dalam kondisi tertentu Miringkan tubuh orang yang pingsan jika mereka muntah atau mengeluarkan cairan lain dari mulut.

Berikan bantuan tambahan setelah sadar Apabila orang yang pingsan sudah sadar, berikan minuman seperti air putih sampai jus buah.

Berikan jus buah, terutama bagi orang yang sudah tidak makan selama lebih dari enam jam atau penderita diabetes. Pastikan kita menemani orang yang pingsan sampai kesadarannya benar-benar pulih.

Hubungi layanan kesehatan Segera dapatkan pertolongan medis atau bawa ke rumah sakit apabila orang yang pingsan mengalami cedera, terluka di bagian kepala, pingsan kumat lebih dari sekali sebulan, hamil, punya penyakit jantung dan kronis lainnya.

Anda juga wajib membawa orang yang pingsan ke rumah sakit atau layanan medis terdekat apabila melihat gejala pingsan disertai sesak napas, nyeri dada, pandangan kabur, dan susah bicara. (*)

Editor : Milna Miana | Sumber : Kompas.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]