Masyarakat Sikucua Timur Harapkan Pengembangan Puncak Letter W


Sabtu, 27 Februari 2021 - 08:14:52 WIB
Masyarakat Sikucua Timur Harapkan Pengembangan Puncak Letter W Masyarakat Sikucua Timur Harapkan Pengembangan Puncak Letter W

SIKUCUA TIMUR, HARIANHALUAN.COM - Nagari di ujung Timur Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman ternyata punya pesona terpendam. Nagari itu punya Air Terjun Langkuik Tigo Tingkek Batu Dindiang. Di sana tersedia pemandian- pemandian alami hingga pemandangan eksotis ke Danau Maninjau.

"Sikucua Timur punya Puncak Letter W. Dari puncak ini terlihat keseluruhan Danau Maninjau. Sungguh indah pemandangannya," ujar Walinagari Sikucua Timur, Jendri, Senin (15/2/2021).

Baca Juga : Hasil Dua Operasi Polda Sumbar, Ratusan Tersangka Sudah Ditangkap

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Kepada Leonardy, Jendri mengatakan potensi pariwisata di daerahnya tengah disiapkan. Jalan ke Puncak Letter W telah bersih. Hanya saja butuh izin dari BKSDA Provinsi Sumbar. Katanya, ia berharap kepada Leonardy agar berkat bantuan dirinya mengenai izin dapat segera didapatkan.

Baca Juga : Wabup Pasaman Sabar AS Minta PMI Jaga Ketersediaan Stok Darah

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

“Ini yang ingin kami mintakan bantuan kepada Bapak Leonardy agar izin bisa segera didapatkan agar objek wisata ini lebih cepat dikembangkan,” harapnya.

Baca Juga : Operasi Antik Singgalang 2021 di Pasaman, 20 Paket Ganja Kering Diamankan

Sekna Sikucua Timur, Hendra Putra mengatakan bahwa izin pemanfaatan hutan lindung yang dilalui menuju objek wisata itu telah dikantongi. Tinggal pengembangan objek wisata di puncak saja yang butuh izin khusus dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam Sumbar, karena di sana termasuk hutan konservasi.

“Jalur pendakian melewati hutan lindung yang sudah ada izinnya. Kini kita butuh izin pemanfaatan lahan untuk pendakian kepada BKSDA. Dengan adanya izin tersebut, jalur pendakian bisa dibuat lebih bagus. Kami berharap dukungan Bapak agar kami bisa mengantongi izin ini secepatnya,” ujarnya.

Baca Juga : Hari Pertama Ramadhan, Dispar Sumbar Gelar Pertemuan antara Pelaku Pariwisata dan Citilink

Hendra menegaskan, saat ini jalur pendakian dibuat oleh masyarakat secara swadaya. Sebenarnya, sudah lama objek wisata tersebut diketahui banyak orang namun promosinya belum begitu massif. Terlebih layanan komunikasi dan informasi dari dan ke Nagari Sikucur Timur sangat minim. Sehingga belum banyak yang tahu eksotisme yang terpendam di nagari yang banyak menghasilkan pisang, pinang, kulit manis, madu hutan dan kelapa itu.

"Letih dalam perjalanan mendaki ke puncak selama kurang lebih empat jam akan sirna begitu tiba di Puncak Letter W. Puncaknya yang cukup datar itu bisa jadi tempat rehat yang nyaman. 
Pemandangan ke arah Danau Maninjau sangat menawan. Tak jemu mata memandang. Ke hamparan Danau Maninjau. Pengembangannya, nanti bisa dijadikan areal kemping, trekking, flying fox hingga paragliding," terangnya.(*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Heldi Satria
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]