Leonardy Harmainy: Pariwisata Jika Dikelola dengan Baik akan Memberikan Keuntungan


Sabtu, 27 Februari 2021 - 10:34:06 WIB
Leonardy Harmainy: Pariwisata Jika Dikelola dengan Baik akan Memberikan Keuntungan Leonardy Harmainy: Pariwisata Jika Dikelola dengan Baik akan Memberikan Keuntungan

SIKUCUA TIMUR, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPD RI H. Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa, S.IP., MH menyambut baik harapan masyarakat Sikucua Timur dalam pengembangan pariwisata. Katanya, objek pariwisata yang diharapkan dapat menopang kehidungan mereka. Leonardy menilai, pemilihan pariwisata sangatlah tepat.

“Multiflier effect-nya sangat tinggi. Banyak dapur yang bisa hidup dari pariwisata. Pariwisata yang dikelola oleh Bumnag akan mendatangkan keuntungan bagi nagari. Bahkan bisa mendanai kegiatan dan program yang tidak boleh dibiayai dengan dana desa,” ujarnya, Sabtu (27/2/2021).

Baca Juga : Hasil Dua Operasi Polda Sumbar, Ratusan Tersangka Sudah Ditangkap

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Pariwisata nantinya bisa mengangkat produk-produk yang dihasilkan masyarakat nagari itu. Biasanya produk pertanian lansung dijual ke pedagang yang mengambil produk lansung ke petani-petani di Sikucua Timur. Nanti dengan berkembangnya pariwisata di daerah ini, pisang dijadikan produk olahan yang dijual kepada pengunjung.

Baca Juga : Wabup Pasaman Sabar AS Minta PMI Jaga Ketersediaan Stok Darah

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

"Bisa juga pisang diolah setengah jadi dulu seperti difrozen lalu pembeli bisa menggorengnya sendiri di rumah mereka. Lebih tahan dalam dan bisa dibawa ke tempat yang jauh,” ulasnya.

Baca Juga : Operasi Antik Singgalang 2021 di Pasaman, 20 Paket Ganja Kering Diamankan

Terkait masalah dukungan untuk pengembangan pariwisata ini, Leonardy menyarankan Walinagari bisa mengajukan usulan ke Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

"Pak Wali buat proposal dan ajukan ke Kemendes PDTT. Nanti akan kita dorong agar segera mendapat perhatian dari Menteri yang merupakan mitra kerja dari Komite I DPD RI," jelasnya.

Baca Juga : Hari Pertama Ramadhan, Dispar Sumbar Gelar Pertemuan antara Pelaku Pariwisata dan Citilink

Leonardy mengatakan agar lebih cepat diperhatikan, proposal dibuat setelah izin-izin terkait didapatkan. Objek pariwisata tersebut dikelola Bumnag. Lewat Bumnag ini nagari bisa melakukan penyertaan modal untuk pengembangan awal dan setelah itu dimintakan pengembangan selanjutnya kepada Kemendes PDTT.

"Sikucur Timur bisa mencontoh pengembangan objek wisata Green Talao Park yang dikembangkan oleh Nagari Ulakan. Awalnya dikembangkan dengan Dana Desa lewat penyertaan modal ke Bumnag. Objek itu kemudian mendapat bantuan dari Kemendes Rp1,3 miliar," ungkapnya. (*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Heldi Satria
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]