Ini 2 Cara Tepat Minum Jus Biar Tubuh Tetap Prima


Sabtu, 27 Februari 2021 - 14:41:27 WIB
Ini 2 Cara Tepat Minum Jus Biar Tubuh Tetap Prima Ilustrasi jus

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ingin mendapatkan tubuh yang prima? Jangan lupa minum jus buah-buahan, sayuran, atau sebagainya. Kemudian minum jus juga ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga mencukupkan kebutuhan nutrisi.

Namun siapa sangka, ternyata masih ada yang kurang tepat dalam membuat minuman jus. Misalnya, menggunakan bahan campuran yang kurang baik. Hal ini pun harus dihindari agar tidak menimbulkan masalah kesehatan dan pemenuhan nutrisi tetap terjaga.

Baca Juga : Jakarta Masuk dalam Daftar Kota Termahal Dunia, Ini Penyebabnya

Terkait hal tersebut, dokter gizi medik Sylvia Irawati mengatakan bahwa memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuh adalah salah satu kunci utama kesehatan yang prima. Guna memenuhi kebutuhan nutrisi harian, baik vitamin dan mineral, dapat dipenuhi dari buah-buahan serta sayur-sayuran.

"Secara umum, kebutuhan nutrisi alami tubuh adalah vitamin C, vitamin D, zinc, selenium, zat besi, dan protein. Berbagai nutrisi ini sangat krusial bagi tubuh, akan tetapi tidak selalu bisa dipenuhi dari asupan makanan sehari-hari," jelasnya dalam webinar beberapa waktu lalu, dikutip dari Okezone.

Baca Juga : Kabar Baik! Jaringan di Wilayah Sumatera akan Ditingkatkan Selama Ramadan

Sayangnya, lanjut dia, sebagian orang sulit mengonsumsi sayur dan buah secara utuh dalam jumlah besar setiap harinya. Padahal, sambung dia, buah dan sayur sangat penting untuk menjaga tubuh dari paparan infeksi, virus, serta menghindari penyakit-penyakit metabolik.

Maka itu, membuat jus dari sayuran dan buah-buahan dapat menjadi solusinya. Tetapi, ada sejumlah cara tepat yang harus dilakukan. Apa saja cara itu? Berikut penjelasannya.

Baca Juga : Maksimalkan Pengalaman Aktivitas Digital di Momen Ramadan dan Idulfitri 1442 Hijriah

1. Tidak pakai pemanis atau campuran lain

Guna mendapatkan manfaat jus, Anda harus menggunakan bahan-bahan alami tanpa ditambah bahan apa pun termasuk pemanis buatan seperti gula. "Harus dicatat, jangan ada campuran, harus 100 persen murni, tidak diencerkan, dan tidak ditambah pemanis," terangnya.

Baca Juga : Resep Kolak Pisang Tanpa Santan, Cocok untuk Berbuka Puasa

2. Lebih dari satu bahan

"Ketika kita perlu konsumsi bahan makanan yang bervariasi, juicing atau menyatukan beberapa bahan alami bisa menjadi suatu solusi," terang dr Sylvia.

Hal ini karena dalam segelas jus, Anda dapat menyatukan berbagai jenis makanan dengan variasi warna berbeda. Disarankan lebih dari satu bahan, baik itu menggabungkan buah-buahan, sayur-sayuran, atau sayur dan buah sekaligus.

"Misalnya, dalam satu gelas, kita mencampurkan apel, bayam, kemudian nanas, itu saja sudah tiga warna. Nah, dari situ kita bisa mendapatkan nutrisi yang padat atau makanan yang padat gizinya," ungkapnya.(*)

Editor : Rahma Nurjana | Sumber : okezone.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]