Residivis Maling Asal Solok Diringkus Polisi di Dharmasraya


Sabtu, 27 Februari 2021 - 15:23:42 WIB
Residivis Maling Asal Solok Diringkus Polisi di Dharmasraya Tersangka SEP (21) Residivis Pencurian Biasa yang ditangkap jajaran Polsek Sungai Rumbai dan Polsek Asam Jujuhan

PULAU PUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Seorang laki-laki residivis spesialis pencurian asal Kota Solok, Sumatera Barat, berhasil diringkus setelah melakukan aksinya di salah satu kedai milik warga Jorong Ranah Mulia Nagari Koto Gadang Kecamatan Koto besar, Kabupaten Dharmasraya, Sabtu (27/02/2021). 

Kapolres setempat, AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah SIK MT, di Dharmasraya, mengatakan tersangka SEP (21) yang tercatat sebagai warga RT 002 RW 003 Kelurahan Simpang Rumbio Kecamatan Lubuk Sikarah itu ditangkap berdasarkan laporan korban atas nama Zulkifli yang merupakan pemilik warung. 

Baca Juga : Terduga Gembong 500 Gram Sabu Diciduk Polisi

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di harianhaluan.com

"Dari pengakuan korban yang tertuang dalam laporan yang diterima petugas Polsek Sungai Rumbai Jajaran Polres Dharmasraya, kerugian yang diderita sebesar Rp 201 ribu, " ungkapnya, Sabtu. 

Baca Juga : Simpan Sabu Dalam Koper, Sepasang Pasutri Dicokok Polisi

Ia mengatakan, peristiwa penangkapan tersebut bermula dari ketika tersangka SEP yang tercatat pernah melakukan kejahatan yang sama sebanyak dua kali di daerah asalnya, mendatangi kedai milik Zulkifli yang saat itu sedang ditunggui anaknya Aulia, dengan modus pura-pura membeli permen pada Jumat (26/02) sekira pukul 16.00 WIB. 

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di harianhaluan.com

Baca Juga : Rp500 Juta Raib, Nasabah Bank di Kediri Dirampok

Setelah membeli permen tersebut, lanjutnya, tersangka pun meninggalkan warung dan kembali ketika Aulia terlihat sudah kembali masuk ke dalam rumah. 

"Melihat kondisi itu tersangka pun kembali dan langsung menyatroni kotak penyimpanan dan berhasil mengambil uang, " ujarnya. 

Baca Juga : Dilaporkan ke Polisi, Ketua Koperasi Sawit Datuk Nan Sembilan Bantah Langgar Aturan

Sadar telah menjadi korban pencurian maka pemilik warung mendatangi Mapolsek Sungai Rumbai untuk melaporkan peristiwa itu. Kemudian ditindaklanjuti dengan penyisiran terkait keberadaan pelaku yang bekerjasama dengan jajaran Polsek Asam Jujuhan serta penangkapan terhadap pelaku di kawasan Rantau Ikil Kecamatan Asam Jujuhan. 

"Guna kepentingan penyidikan lebih lanjut, pelaku berikut barang bukti sudah diamankan di Mapolsek Sungai Rumbai, jika terbukti maka terhadap pelaku dapat dikenakan pasal 362  KUHPidana dengan ancaman kurungan lima tahun, " Tegasnya. 

Pada kesempatan itu ia mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya bagi pemilik warung atau kedai agar tidak meninggalkan tempat usahanya tanpa pengawasan. 

"Tingkatkan kewaspadaan dan jangan sekali-kali meninggalkan uang di kotak penyimpanan yang mudah dibobol serta jauh dari pengawasan, " tutupnya. (*)

Reporter : Rully Firmansyah | Editor : Rahma Nurjana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]