Agar Tepat Sasaran, Dinsos Pessel Mutakhirkan Data Fakir Miskin


Ahad, 28 Februari 2021 - 00:45:26 WIB
Agar Tepat Sasaran, Dinsos Pessel Mutakhirkan Data Fakir Miskin Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Pessel, Zulfian Aprianto

PESSEL, HARIANHALUAN.COM - Data keluarga fakir miskin di lapangan bersifat dinamis dan berubah-ubah. Maka data tersebut perlu dilakukan pemutakhiran secara berkala. Tujuannya agar berbagai bantuan sosial (Bansos) yang disalurkan kepada masyarakat benar-benar tepat sasaran. Termasuk juga di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Hal itu disampaikan Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Pessel, Zulfian Aprianto.

"Sebagai perangkat daerah yang bertanggung jawab, kami dari Dinas Sosial PPPA Pessel akan terus melakukan pemutakhiran data masyarakat miskin secara berkala. Ini kami lakukan agar program bantuan sosial yang disalurkan kepada masyarakat benar-benar tepat sasaran. Sebab data fakir miskin ini bersifat dinamis dan selalu berubah-ubah setiap saat," katanya dikutip dari website resmi Pemkab Pessel, Minggu (28/2/2021).

Baca Juga : Temui Sandiaga Uno, Bupati Rusma Yul Anwar Bahas Pengembangan Wisata Pessel

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Disampaikannya bahwa untuk pemutakhiran data secara berkala itu, pihaknya melakukan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) dan validasi Basis Data Terpadu (BDT) bagi petugas dan kader nagari. Bimtek dan BDT itu bertujuan agar pemutakhiran data terhadap fakir miskin bisa dilakukan secara berkala.

Baca Juga : Harga Sembako di Pasar Tradisional Merangkak Naik

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

"Sebab kita memang menargetkan berbagai program Bansos benar-benar tepat sasaran di daerah ini," ucapnya.     

Baca Juga : Pengendalian Inflasi, Pemko Padang Panjang Pantau Harga Sembako Selama Ramadan dan Lebaran

Dia juga menyampaikan bahwa pihaknya mesti menyamakan persepsi dengan petugas di lapangan agar basis datanya menjadi lebih tajam dan tepat sasaran. Langkah itu dilakukan untuk meminimalisir kekurang akuratan data dalam rangka penetapan sasaran penerima program bantuan sosial. Ditambahkannya bahwa data BDT tersebut wajib digunakan oleh pemerintah daerah dalam menyalurkan berbagai program perlindungan sosial.

Kegiatan ini sangat penting, karena perubahan kebijakan pemerintah dalam menyalurkan bantuan sosial dalam bentuk pangan sejak satu tahun terakhir. Melalui validasi dan verifikasi BDT ini diharapkan datanya semakin akurat.

Baca Juga : Persentase Sembuh Pasien Covid-19 Padang Panjang Tertinggi di Sumbar

Dijelaskan lagi bahwa saat ini pihaknya telah menggunakan aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG), yang secara terus menerus dikembangkan oleh Kementerian Sosial RI.

"Melalui aplikasi itu, sehingga petugas di lapangan bisa melakukan pemutakhiran data secara online maupun offline," tutupnya.(*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Merinda Faradianti | Sumber : berita.pesisirselatankab.go.id
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]