Dengarkan Aspirasi Masyarakat Kudu Gantiang Barat Padang Pariaman, Leonardy Harmainy: Ancaman Hama Harus Dicarikan Jalan Keluarnya


Ahad, 28 Februari 2021 - 12:09:37 WIB
Dengarkan Aspirasi Masyarakat Kudu Gantiang Barat Padang Pariaman, Leonardy Harmainy: Ancaman Hama Harus Dicarikan Jalan Keluarnya Anggota DPD RI H. Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa, S.IP., MH saat berkunjung ke Kudu Gantiang Barat Padang Pariaman

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Wali Nagari Kudu Gantiang Barat, Tk. M Sayuti menyambut gembira kedatangan Leonardy ke nagari yang dipimpinnya. Dia berharap aspirasi warganya tersalurkan dengan baik sehingga membawa kebaikan bagi nagari mereka sesuai tujuan pemekaran nagari dulunya.

M. Sayuti juga menyampaikan soal jalan akses di Kudu Gantiang Barat yang butuh perbaikan. Katanya, perbaikan itu telah dianggarkan di tahun 2020. Namun dana banyak terserap ke penanganan dan penanggulangan Covid-19 sehingga tertunda. Tak lupa dia mengungkapkan soal pembangunan kantor nagari. Mereka telah menyiapkan tanah dan telah memulainya dengan membuat talut penahan tanah.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 114, Sembuh 92, dan Meninggal Dunia 1 Orang

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

“Namun kami belum tahu bagaimana kelanjutannya. Kami mengharapkan Pak Leonardy dapat turut mencarikan jalan keluarnya,” ungkapnya, Minggu (28/2/2021).

Baca Juga : Update Zonasi Covid-19 di Sumbar Minggu Ke-57, Kabupaten 50 Kota Jadi Zona Merah

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Senada dengan Walinagari, Ketua Bamus Kudu Gantiang Barat, Dasril SH, juga sangat gembira dengan kedatangan Leonardy Harmainy. Sebab, masyarakat di nagari itu bisa mengungkapkan aspirasi mereka dengan leluasa. Dikatakannya, nagari tidak bisa leluasa menggunakan dana desa karena banyak aturan yang harus diperhatikan di tengah banyaknya kebutuhan infrastruktur dan pemberdayaan yang mesti dilaksanakan.

Baca Juga : Antisipasi Karhutla, Sumbar akan Tambah Alat Gurdian

Terlebih di nagari yang sering dilanda bencana banjir dan lonsor tersebut. Anggota DPD RI H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa menilai hama yang menyerang tanaman padi di Kudu Ganting Barat harus dicarikan jalan keluarnya.

Sebab hal itu berdampak lansung terhadap pereonomian masyarakat yang umumnya bertani. Katanya, dinas terkait juga harus mengambil tindakan terhadap hal ini. Misalnya dengan membantu petani melakukan penyemprotan massal.

Baca Juga : Kualitas Udara di Sumbar Masih Kategori Sangat Baik

“Jika sudah meluas begini, pemerintah kabupaten harus hadir dalam persoalan ini. Sekcam yang lama berkecimpung di dinas pertanian diharapkan memainkan peranan dengan baik. Buat telaahan staf disertai data kongkrit di lapangan, lalu tindaklanjuti dengan surat tertulis yang ditandatangani camat,” ujarnya.

Biasanya dengan surat tertulis ditambah pula dengan tembusan ke bupati dan lainnya, aspirasi ini lebih diperhatikan. Gunakan juga kekuatan anak nagari atau putra daerah Kecamatan V Koto Timur yang ada di legislatif untuk mengawal dan memperjuangkan aspirasi tersebut. Terkait pembangunan kantor nagari, menurut Leonardy memang tidak mungkin dengan menggunakan dana desa dan alokasi dana nagari.

“Kapan siapnya jika diangsur pembangunannya sedikit-sedikit. Harus ada goodwill dari bupati terpilih untuk memperhatikan hal ini. Jika ini terealisasi, betapa banyak bukti kepemimpinan bupati terpilih yang disaksikan masyarakat di nagari-nagari. Ditambah lagi jika mau membenahi bendungan dan saluran irigasi yang rusak,” urainya. (*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Rahma Nurjana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]