1 Hektare Sawah di Gurun Laweh Padang Rusak Akibat Diserang Hama Wereng


Ahad, 28 Februari 2021 - 18:13:16 WIB
1 Hektare Sawah di Gurun Laweh Padang Rusak Akibat Diserang Hama Wereng Sawah di Gurun Laweh Padang.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sekitar 1 (satu) hektare (ha) sawah di Gurun Laweh, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, Provinsi Sumbar terpkasa mengalami gagal panen yang disebabkan oleh hama wereng. Kemarau yang berkepanjangan sehingga membuat areal pertanian mengering.

Terpantau padi yang sudah rusak dan tak tumbuh karena diserang hama wereng akibat kegagalan panen ini. Akibat hal tersebut petani mengalami kerugian karena hanya sebagian hasil panen yang diterima.

Baca Juga : Ragam Tradisi Jelang Ramadan, Begini Tanggapan Cadiak Pandai di Padang

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Salah seorang petani, Anwar mengatakan, sawahnya diserang hama wereng, dan tikus. Saat ini dipengaruhi oleh hawa wereng cukup banyak dan juga dipengaruhi oleh faktor cuaca.

"Semenjak musim kemarau dan hawa ini hanya menghasilkan sebagian hasil panen dari biasanya. Saya berharap semoga panen yang akan datang bisa sempurna," kata Anwar, Minggu (28/2/2021).

Baca Juga : Jelang Puasa, Masyarakat Padang Mulai Laksanakan Ziarah Kubur

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Sebelumnya, seluas 394,25 hektare tanaman padi di Kota Padang mengalami kekeringan akibat kemarau panjang yang berlangsung sejak Febrauri 2021. Sedikitnya 3 (tiga) kecamatan telah terdampak di daerah itu.

"Sebanyak 394,25 hektare areal lahan pertanian mengalami kekeringan terjadi di kecamatan Bungus Teluk Kabung, Nanggalo, dan Lubuk Kilangan," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Syahrial Kamat, kemarin.

Baca Juga : Maanta Lamang, Tradisi Pengantin Baru di Minang untuk Mertua Jelang Ramadan

Syahrial mengungkapkan, areal pertanian yang paling banyak terdampak yakni tanaman padi di sawah. Rinciannya, di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, luas lahan pertanian yang kekeringan tersebar di enam kelurahan yakni Bungus Barat sebanyak 190 hektare.

Bungus Selatan 35 hektare, Teluk Kabung Utara 97,5 hektare, Teluk Kabung Selatan 18 hektare, Teluk Kabung Tengah 40 hektare, dan Bungus Timur 10 hektare.

Baca Juga : Dukung Kemajuan Olahraga, Pemko Padang Bakal Bangun Stadion Sepak Bola Bertaraf Internasional

Kemudian di Kecamatan Nanggalo di Kelurahan Tabing Banda Gadang sebanyak 0,25 hektare, dan di kelurahan Koto Lalang Kecamatan Lubuk Kilangan sebanyak 3,5 hektare.

"Dari 394, 25 hektare luas areal pertanian yang mengalami kekeringan, sebanyak 239 koma 25 hektare telah ditanami tanaman. Usia tanaman beragam 7 hari hingga 60 hari masa tanam," sebut Syahrial. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]