Bika Bakar, Makanan Tradisional di Padang yang Bertahan hingga Kini


Ahad, 28 Februari 2021 - 18:31:01 WIB
Bika Bakar, Makanan Tradisional di Padang yang Bertahan hingga Kini Bika bakar, salah satu jajanan tradisional di Kota Padang yang bertahan hingga kini.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Meski dihantam gelombang pandemi virus Corona atau Covid-19, makanan tradisional di Kota Padang, Provinsi Sumbar ini ternyata mampu bertahan. Salah satunya jajanan pasar bernama bika bakar.

Bika bakar merupakan jajanan pasar legendaris yang sejak zaman dahulu hingga saat ini masih bisa di jumpai di pasar tradisional dan sejumlah lapak pinggir jalan di Kota Padang.

Baca Juga : Investor China Bakal Buka Tambang Batu Bara

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Cara pembuatannya cukup mudah, yaitu adonan jajanan tradisional ini terdiri dari kelapa, gula, beras, tepung terigu dan susu tersebut ternyata masih banyak yang menyukai, terbukti setiap ke pasar banyak pembelinya.

Semua adonan tersebut lalu dicampur dan dimasak menggunakan arang. Pada bagian atasnya diletakkan sabut kelapa, yang dibakar untuk memberatkan suhu panggangan.

Baca Juga : Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Lubuk Buaya Padang Mulai Normal

Bentuk kue yang ini satu juga menarik karena dipanggang dengan menggunakan daun pisang. Ketika dipanggang permukaan kue akan berubah menjadi berwarna cream hingga kecoklatan.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Salah satu penjual Bika bakar ini adalah Zebi. Dia mengaku dalam sehari bisa menjual 500 kue Bika bakar dan mampu memperoleh omset Rp500.000 - Rp.800.000 per harinya.

Baca Juga : Batam Night Market Bangkitkan Ekonomi UMKM Terdampak Pandemi

"Paling banyak terjual 500 biji sehari. Harganya Rp1.500 per biji. Yang jadi khas kue ini perpaduan kelapa dan gula," kata Zebi.

Zebi mengaku, tetap bertahan jualan Bika bakar karena sudah menjadi jalan rezekinya. Kalau harus jualan jajanan lain mungkin sulit dilakukan.

Baca Juga : Bank Nagari Serahkan Hadiah untuk Pemenang Lomba Karya Tulis Jurnalistik

”Sebab yang saya bisa yang buat bika ini saja. Tidak ada usaha lain. Kasihan juga kalau ada pelanggan yang kecewa karena saya tidak jualan Bika,” tandasnya. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]