Ini Alasan Menkes Lebih Memilih Sinovac Cs untuk Vaksinasi


Ahad, 28 Februari 2021 - 18:50:24 WIB
Ini Alasan Menkes Lebih Memilih Sinovac Cs untuk Vaksinasi Vaksin COVID-19 (Foto: Agung Pambudhy)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Salah satu ketentuan vaksinasi mandiri atau gotong royong adalah menggunakan jenis vaksin di luar 4 vaksin yang dipakai dalam vaksinasi program. Apa alasan pemerintah memilih 4 vaksin tersebut?.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyebut, empat vaksin yang dipakai dalam vaksinasi program adalah Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, dan Novavac. Menurutnya, pertimbangan utamanya adalah masalah akses.

Baca Juga : Pria Lajang Lebih Berisiko Terkena Penyakit Mematikan Ini

"Masalah suplainya. Vaksin ini seluruh dunia rebutan. Temen-temen tahu banyak negara Asean belum dapet. Australia mungkin baru mulai vaksinasi. Jepang saja baru mulai. Tetangga-tetangga kita banyak yang belum mulai," kata Menkes Budi.

"Kita beruntung kita bisa dapat duluan," lanjutnya, dikutip dari detik.com, Minggu (28/2/2021).

Baca Juga : Dokter Maxi: Percepatan Vaksinasi Butuh Peran Seluruh Elemen Masyarakat

Menkes Budi mengingatkan, setiap hari terdapat 300 kasus kematian akibat COVID-19. Itu artinya, dalam sebulan ada 9 ribu kematian, dan dalam setahun ada 108 ribu kematian. Karenanya, pemerintah memprioritaskan pemakaian jenis vaksin COVID-19 yang lebih dulu tersedia.

"Selama dia sudah lulus WHO, sudah lulus BPOM, apapun mereknya, pakai saja. Makin cepet, makin baik," tegas Menkes Budi. (*)

Baca Juga : Sumbar 155 Kasus, Jabar dan DKI Terbanyak Penambahan Positif Covid-19 Sabtu Ini

Editor : Milna Miana | Sumber : Detikhealth
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]