Punya Harta Rp7,7 Miliar dan Lulusan Amerika, Dico Ganiduto Bupati Termuda di Jateng


Ahad, 28 Februari 2021 - 19:30:54 WIB
Punya Harta Rp7,7 Miliar dan Lulusan Amerika, Dico Ganiduto Bupati Termuda di Jateng Bupati Kendal Dico Ganiduto (Foto : Solopos)

SOLO, HARIANHALUAN.COM - Bupati paling muda di Jawa Tengah (Jateng) dimiliki oleh Kendal, di mana Dico Ganiduto sebagai pemimpinannya baru berusia 31 tahun. Ia dilantik Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, bersama 16 pemimpin daerah lainnya setelah terpilih pada Pilkada 2020, Jumat 26 Februari 2021.

Lantas, siapa sebenarnya sosok Dico Ganinduto yang baru berulang tahun yang ke-31 pada 19 Februari itu?.

Baca Juga : Kementerian PANRB Keluarkan Aturan Jam Kerja ASN Selama Ramadan

Untuk diketahui, Dico merupakan politikus Partai Golkar. Dia adalah putra dari politikus senior Partai Golkar Dito Ganinduto. Bupati termuda di Jateng ini menempuh pendidikan SMA hingga kuliah di Amerika Serikat.

Sebagaimana dikutip dari Okezone.com, Minggu (28/2/2021), Dico Ganinduto menyelesaikan pendidikan SMA di Pendleton School, Florida, AS pada 2008.

Baca Juga : Atasi Wabah Corona, Ketua DPD RI: Pemerintah Perlu Dengarkan Pendapat Ahli Epidemiologi

Dia kemudian kuliah di University of Tulsa, Petroleum Engineering, Tulsa, Oklahoma hingga 2012. Selepas menempuh pendidikan di AS, Dico memulai usaha di bidang pertambangan.

Mengikuti jejak sang ayah, Dico kemudian terjun ke kancah politik dengan mengikuti kontestasi Pemilu 2019.

Baca Juga : Wapres Anjurkan Masyarakat Zona Merah Beribadah Ramadan di Rumah

Kala itu, bupati termuda di Jateng ini maju dari daerah pemilihan (dapil) Jateng I yang meliputi Kota Semarang, Kota Salatiga, Kabupaten Semarang, dan Kabupaten Kendal.

Dico Ganinduto gagal lolos ke Senayan hingga akhirnya mengikuti Pilkada Kendal 2020. Saat Pilkada Kendal 2020, Dico berpasangan dengan H. Basuki yang merupakan kader Partai Demokrat.

Baca Juga : Resmikan Ponpes Tajul Falah Banten, Kapolri: Silahturahmi dengan Ulama Jangan Pernah Putus

Pasangan Dico-Basuki (Dibas) diusung oleh Golkar, Demokrat, PKS, PAN & Perindo. Bupati termuda di Jateng ini juga akhir di organisasi sayap Partai Golkar seperti Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) dan juga dan membentuk Gema Golkar dengan posisi ketua.

Dico menikah dengan artis Chacha Frederica pada 2015. Kini pasangan Dico-Chacha dikaruniai satu anak yaitu Cassia Shakir Ganinduto. Chacha yang sempat membintangi sejumlah film dan sinetron ini mendukung penuh Dico dalam dunia politik.

”Post hari ini saya dedikasikasikan untuk istri dan juga ibu dari anak saya, yang masyaAllah luar biasa baik dan cantik @chafrederica. Terima kasih ya sudah mendampingi perjalananku selama ini. Aku tahu banyak pengorbanan yang telah kamu lakukan untuk bisa menemaniku di sini,” tulis Dico dalam unggahan di Instagramnya, @dicoganinduto setelah pelantikan.

Aku ucapkan selamat juga karena kamu telah resmi menjadi ketua PKK dan Dekranasda Kabupaten Kendal. Semoga dengan awalan baru ini, kita bisa semakin kompak dan terus berkolaborasi demi memajukan Kabupaten Kendal tercinta.

Bupati termuda di Jateng ini tercatat memiliki harta Rp7,71 miliar. Data harta Dico Ganinduto itu tercantum dalam LHKPN yang disetorkan ke KPK saat menjadi Calon Bupati Kendal.

Harta Dico meliputi tanah dan bangunan di Jakarta senilai Rp2,66 miliar, tiga unit kendaraan bermotor senilai Rp1,6 miliar, Harga bergerak lainnya Rp300 juta, surat berharga Rp361,5 juta, serta kas sekitar Rp3 miliar. Dico tercatat memiliki utang Rp258 juta. (*)

Editor : Milna Miana | Sumber : Okezone.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]