Bisa Menguatkan Tulang, Ini 7 Manfaat Selada untuk Kesehatan


Ahad, 28 Februari 2021 - 22:36:47 WIB
Bisa Menguatkan Tulang, Ini 7 Manfaat Selada untuk Kesehatan Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Selada air adalah sayuran hijau yang memiliki ciri-ciri batang berongga dengan daun lonjong bertangkai. Biasanya selada air dimakan mentah atau dimasak menjadi tumisan. Selada air menyimpan banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.

Berikut tujuh manfaat selada air untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui.

Baca Juga : 8 Cara Ampuh Mengatasi Asam Lambung saat Puasa

1. Kaya akan vitamin K

Dilansir dari Kompas.com melalui Healthline, Minggu (28/2/2021), dalam 34 gram selada air terdapat 100% RDI untuk vitamin K, yang mana vitamin K diperlukan untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang.

Baca Juga : Saran Ahli Gizi dalam Memilih Menu Sahur dan Buka Puasa

Vitamin K yang terdapat dalam selada air bisa membantu pembentukan jaringan tulang agar tidak mudah keropos. Bukan hanya kaya akan vitamin K, selada air juga mengandung mineral penting yang baik untuk tubuh.

2. Melindungi sel rusak akibat radikal bebas

Baca Juga : Waspada, Kasus Positif Covid-19 Melambung Lagi di Batam

Selada air memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan tersebut bisa melindungi sel rusak akibat radikat bebas yang menyebabkan stres oksidatif. Stres oksidatif bisa memicu beberapa penyakit kronis seperti diabetes dan kanker.

Kandungan antioksidan pada selada air bisa mengurangi stres oksidatif, yang mana bisa menurunkan risiko penyakit.

Baca Juga : Aduh, Terjadi Peningkan Lansia Meninggal Terpapar Covid-19 di Riau

3. Mencegah jenis kanker tertentu

Selada air kaya akan senyawa fitokimia dan glucosinolates yang diaktifkan menjadi senyawa isothiocynate. Senyawa isothiocynate bisa melindungi tubuh dari kanker dan menghalangi penyebaran tumor. Senyawa tersebut bisa mencegah kanker usus besar, paru-paru, dan prostat.

Selain itu, senyawa isothiocynate yang ditemukan dalam selada air juga bisa menekan pertumbuhan sel kanker payudara.

4. Menjaga kesehatan jantung

Selada air merupakan bagian dari keluarga sayuran cruciferous yang mana bermanfaat untuk kesehatan jantung. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa lebih dari 500.000 orang makan sayuran cruciferous secara rutin bisa menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 16%.

Ditambahkan dari laman Webmd, selada air kaya akan karotenoid yang mana bermanfaat sebagai antiperadangan terhadap penyakit jantung.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Dalam setiap 34 gram selada air, terdapat 15 mg vitamin C. Vitamin C terkenal dengan manfaatnya yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memperbanyak produksi sel darah putih untuk melawan infeksi.

6. Membantu menurunkan berat badan

Selada air biasanya disajikan dalam semangkuk salad dengan sayuran dan buah lainnya. Selada air merupakan makanan padat nutrisi yang mengandung empat kalori dalam satu cangkir atau sama dengan 34 gram selada air. Kalau kamu ingin menurunkan berat badan, kamu bisa menambahkan selada air dalam setiap masakanmu.

7. Menjaga kesehatan mata

Selada air mengandung lutein dan zeaxanthin yang termasuk dalam senyawa antioksidan. Sejumlah penelitian menunjukkan kalau kedua senyawa tersebut sangat penting untuk kesehatan mata. Khususnya, melindungi mata dari kerusakan akibat blue light. Selada air juga kaya akan beta karoten yang diaktifkan menjadi vitamin A untuk menutrisi mata. (*)

Editor : Milna Miana | Sumber : Kompas.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]