Daun Pepaya Disebut Bisa Cegah Penyakit Malaria, Ini Faktanya


Ahad, 28 Februari 2021 - 23:09:45 WIB
Daun Pepaya Disebut Bisa Cegah Penyakit Malaria, Ini Faktanya Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Daun pepaya banyak diolah dan dikomsumsi menjadi tumisan atau menu olahan lainnya seperti buntil yang lezat. Tumbuh subur di daerah tropis, daun pepaya menyimpan banyak khasiat yang baik untuk tubuh.

Dilansir dari Food NDTV, mengonsumsi segelas jus daun pepaya bisa membantu mencegah kembung dan gangguan pencernaan lainnya.

Baca Juga : Pria Lajang Lebih Berisiko Terkena Penyakit Mematikan Ini

Berikut manfaat daun pepaya yang menarik untuk kamu ketahui.

1. Mengobati gejala deman berdarah

Baca Juga : Dokter Maxi: Percepatan Vaksinasi Butuh Peran Seluruh Elemen Masyarakat

Daun pepaya memiliki khasiat yang bisa membantu mengobati gejala yang berhubungan dengan demam berdarah.

Dilansir dari Kompas.com melalui Healthline, Minggu (28/2/2021), terdapat tiga penelitian yang melibatkan ratusan orang yang terjangkit demam berdarah dan menunjukkan peningkatan kadar trombosit setelah mengonsumsi ekstrak daun pepaya.

Baca Juga : Sumbar 155 Kasus, Jabar dan DKI Terbanyak Penambahan Positif Covid-19 Sabtu Ini

2. Meredakan nyeri haid

Dilansir dari Food NDTV, air rebusan daun pepaya bisa membantu memperlancar menstruasi dan mengurangi nyeri haid. Minum air rebusan daun pepaya juga bisa menyeimbangkan hormon.

Baca Juga : Ini Tips Mencegah Dehidrasi Kulit saat Berpuasa

Cara mengolah daun pepaya menjadi minuman pereda nyeri haid adalah ambil satu lembar daun pepaya, sejumput garam, dan asam jawa. Campurkan ke dalam segelas air dan rebus hingga mendidih.

3. Mencegah penyakit Malaria

Konsumsi jus daun pepaya secara rutin bisa membantu mencegah terjangkit penyakit malaria. Itu karena ada kandungan senyawa acetogenin yang bisa mencegah penyakit demam berdarah dan malaria.

4. Meningkatkan kesehatan kulit

Selain diolah menjadi menu masakan, daun pepaya bisa diolah menjadi olesan pada kulit agar kulit terasa lembut dan tampak mudah. Enzim pelarut protein dalam daun pepaya yang disebut dengan papain, bisa digunakan sebagai exfoliant untuk mengangkat sel kulit mati.

5. Membantu pertumbuhan rambut

Kamu bisa mengolah daun pepaya menjadi minuman menyegarkan seperti jus. Mengonsumsi jus daun pepaya bisa meningkatkan pertumbuhan rambut dan kesehatan pada kulit kepala. Itu karena kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada daun pepaya bisa membantu meringankan stres oksidatif. (*)

Editor : Milna Miana | Sumber : Kompas.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]