Nagari Tandikek Padang Pariaman Harapkan Normalisasi Batang Sani dan Perbaikan Kapalo Banda


Senin, 01 Maret 2021 - 13:41:03 WIB
Nagari Tandikek Padang Pariaman Harapkan Normalisasi Batang Sani dan Perbaikan Kapalo Banda Anggota DPD RI H Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa, S.IP., MH saat bertemu dengan masyarakat Nagari Tandikat Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padang Pariaman

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Masyarakat Nagari Tandikek Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padang Pariaman mengharapkan Senator Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH mendorong normalisasi Batang Sani. Hal tersebut dilakukan untuk menghidupkan kembali Kapalo Banda Lamo dan pengamanan jembatan yang melintas di atasnya. Hal itu diungkapkan Wali Nagari Tandikek, Saharuddin saat pertemuan di kantor wali nagari, Senin (22/2/2021).

"Jangan sampai pasar, pemukiman dan lahan masyarakat semakin hilang di bawa banjir. Kami sangat mengharapkan dorongan bapak agar hal ini mendapat perhatian dari pihak terkait. Begitu juga mengaktifkan Kapalo Banda Lamo," ujar Saharuddin.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 114, Sembuh 92, dan Meninggal Dunia 1 Orang

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di harianhaluan.com

Dikatakan Saharuddin, los pasar sudah hilang delapan kios, perumahan penduduk susah hilang tanpa bekas sebanyak 10 buah. Lahan masyarakat pun sudah banyak yang dibawa Batang Sani yang meluap. Luapannya mencapai jalan ketika musim hujan. Tak hanya itu, juga ada beberapa jembatan yang terancam. Yaitu jembatan penghubung Sicincin-Malalak, jembatan penghubung Sungai Sariak-Pasar Tandikek. 

Baca Juga : Update Zonasi Covid-19 di Sumbar Minggu Ke-57, Kabupaten 50 Kota Jadi Zona Merah

Khusus di jembatan dekat Pasar Tandikek, kaki jembatan sudah tergerus sungai. Memang ada bantuan untuk mengarahkan aliran sungai, cuma setelah tiga kali banjir kembali kaki jembatan ini terancam.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di harianhaluan.com

Baca Juga : Antisipasi Karhutla, Sumbar akan Tambah Alat Gurdian

"Kami telah melakukan gotong royong untuk mengamankan pilar jembatan ini. Dilakukan secara swadaya. Kami sangat berharap mendapatkan perhatian dari pemerintah kabupaten dan pihak terkait," ungkapnya.

Wali Korong Lubuk Aro Tungka, Andreas Febriandi menambahkan, korongnya termasuk yang dilalui oleh Batang Sani. Sudah banyak lahan warga yang hilang, juga ada dua jembatan yang terancam di korong.

Baca Juga : Kualitas Udara di Sumbar Masih Kategori Sangat Baik

"Kami berharap ada program normalisasi di Batang Sani ini," ungkapnya.

Selain itu dia juga mengeluhkan jalan akses yang ke Padang Hilalang yang dibuka 2008. Kini jalan itu rusak parah. Soal jalan akses juga dikeluhkan oleh Wali Korong Sialang, Syafrizal. Camat VII Koto Patamuan, Imran Rafi'i, menyokong pemaparan aspirasi oleh walinagari dan walikorong tersebut. Dia membenarkan permasalahan itu yang mengemuka. 

Imran berharap agar kedatangan Senator Leonardy dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kemajuan nagari ke depan. Sampaikan aspirasi kita, insya Allah akan didorong dan diperjuangkan kepada pihak terkait.(*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Rahma Nurjana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]