Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi di Perairan Mentawai, Ini Pesan BMKG


Senin, 01 Maret 2021 - 13:54:06 WIB
Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi di Perairan Mentawai, Ini Pesan BMKG Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Teluk Bayur mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di Sumatera Barat (Sumbar). Berlaku Senin (1/3/2021) sampai Selasa (2/3/2021), diperkirakan ada gelombang tinggi hingga 3 meter di Perairan Mentawai.

Mengutip laman BMKG, potensi gelombang dengan ketinggian 0.10 - 0.80 meter berpeluang terjadi di wilayah Perairan Pesisir Sumatera Barat hingga Perairan Timur Kep. Mentawai.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Virus Corona di Sumbar: Positif 169, Sembuh 162, dan Meninggal Dunia 4 Orang

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Perlu juga mewaspadai potensi gelombang dengan ketinggian 0.50 - 2.50 meter berpeluang terjadi di wilayah Perairan Utara Pulau Siberut.

Baca Juga : Safari Ramadan, Gubernur: Yang Menguatkan Iman dan Adab adalah Alquran

Begitu juga potensi gelombang dengan ketinggian 1.00 - 2.50 meter berpeluang terjadi di wilayah Perairan Pesisir Bengkulu hingga perairan Timur Pulau Enggano.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Baca Juga : Bantu Korban Bencana di Sulbar, Pemprov Sumbar Kembali Gelontorkan Dana Rp241 Juta

"Waspadai potensi gelombang dengan ketinggian 1.50 - 3.00 meter berpeluang terjadi di wilayah Perairan barat Kep. Mentawai, perairan Samudera Hindia Barat Kep. Mentawai hingga  Samudera Hindia Barat Bengkulu," pesan BMKG.

Untuk prakiraan pasang surut Teluk Bayur, masyarakat diminta waspada pasang dengan ketinggian 1.3 meter. Diprediksi juga surut ketinggian 0.1 meter.

Baca Juga : Gubernur Minta Sumbar Jangan Lagi Masuk Zona Merah Covid-19

"Harap diperhatikan resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran adalah untuk perahu nelayan waspadai ketinggian gelombang lebih dari 1.26 meter dan kecepatan angin lebih dari 15 knots," kata BMKG.

Untuk kapal tongkang waspadai ketinggian gelombang lebih dari 1.50 meter dengan kecepatan angin lebih dari 15 knots.

Sementara untuk kapal ferry waspadai ketinggian gelombang lebih dari 2.50 meter dengan kecepatan angin lebih dari 21 knots. Terakhir apal ukuran besar (kargo/pesiar) waspadai ketinggian gelombang lebih dari 4.00 meter dengan kecepatan angin lebih dari 27 knots. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Rahma Nurjana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]