Masih Pandemi, Usaha Kipang Pulut Ita Bonjol Berusaha Bangkit dari Keterpurukan


Senin, 01 Maret 2021 - 17:27:12 WIB
Masih Pandemi, Usaha Kipang Pulut Ita Bonjol Berusaha Bangkit dari Keterpurukan Salah satu varian dari produk kipang pulut Ita Bonjol.

LUBUK SIKAPING, HARIANHALUAN.COM -- Usaha Kipang Pulut Ita Bonjol, di Nagari Ganggo Hilir, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman, secara perlahan mulai bangkit dari keterpurukan imbas pandemi Covid-19 sejak setahun lalu. 

Sebelumnya, UMKM yang dirintis oleh Zainal Abidin (38), sejak lima tahun lalu ini sampai berhenti beroperasi, karena tidak mampu bertahan di tengah dahsyatnya terjangan wabah virus Corona yang hingga kini belum mereda. 

Baca Juga : Sepekan ke Depan, Anies Minta Warga DKI Waspadai Cuaca Ekstrem

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di harianhaluan.com

"Setelah stop pada awal Maret 2020 lalu, kita menghadapi banyak persoalan yang luar biasa. Puncaknya usaha saya ini berhenti beroperasi," ungkap owner Usaha Kipang Pulut Ita Bonjol, Zainal Abidin, mengawali perbincangan bersama harianhaluan.com, Senin (1/3/2021).

Baca Juga : Sempat Ngutang Buat Beli Susu, Begini Kisah Kelam Sandiaga Uno

Kendala terberatnya, kata dia, disaat ia harus memberhentikan puluhan karyawannya. Belum lagi beban hutang yang sudah jatuh tempo dan harus segera diselesaikan. 

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di harianhaluan.com

Baca Juga : Kisah Sukses Mahasiswa Solsel Berwirausaha, Memulai Beternak Itik Petelur Sejak SMA

"Saat itu, saya terpaksa memberhentikan 26 karyawan, belum lagi menghadapi hutang piutang. Mulai dari hutang bahan baku, lesing, bank, sewa toko. Awal April adalah masa yang sangat luar biasa tidak ringan," katanya.

Zainal tak patah arang. Berbagai upaya ia lakukan untuk mempertahankan keberlangsungan usahanya itu hingga dia dipertemukan dengan seorang investor yang bersedia memberikan suntikan modal untuk usahanya tersebut. 

Baca Juga : Mengenal Sosok Rudy Salim, Crazy Rich di Balik Cilegon United

"Banyak pihak yang kami datangi untuk dimintai pinjaman modal tapi nihil. Alhamdulillah, pada Desember 2020 kami dipertemukan Allah SWT dengan hamba-Nya yang baik hati. Seorang pengusaha sukses Sumbar-Riau, berdomisil di Solok," katanya. 

Dikatakan, berkat bantuan modal dari investor itu kini usaha rintisannya itu mulai bangkit dari keterpurukan dan terlepas dari ancaman gulung tikar. Kini, usaha kipang pulutnya itu pun mulai merambah ke berbagai daerah di Sumatera Barat. 

"Insya Allah hari ini dan ke depannya kami akan kembali beroprasi seperti biasa. Kami juga fokus membenahi pelanggan-pelanggan kami di berbagai kabupaten/kota di Sumbar yang sempat tertunda setahun ini," imbuhnya.

Sebelumnya, kata dia, produknya kipang pulutnya itu mengisi seluruh central oleh-oleh di Sumatera Barat, mulai dari Padang, Pesisir Selatan, Pariaman, BIM, Bukittinggi, Batu Sangkar, Solok dan Payakumbuh. Produk kipang pulutnya juga menyasar Jakarta, Jogja, Batam hingga Kota Medan.

Adapun varian produk kipang pulutnya, diantaranya rasa original, rasa durian, coklat, balado, dan lainnya. Usaha kipang pulut Ita Bonjol ini dia rintis sejak 14 Februari 2016. (*)

Reporter : Yudi Lubis | Editor : Rahma Nurjana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]