Karhutla di Karimun, Danlanal Pimpin Pemadaman Api


Senin, 01 Maret 2021 - 21:20:11 WIB
Karhutla di Karimun, Danlanal Pimpin Pemadaman Api Danlanal Karimun Letkol Laut (P) Maswedi memadamkan kobaran api di Darussalam, Meral Barat. (Ilham/haluankepri.com)

BATAM,HARIANHALUAN.COM-Kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) mulai banyak terjadi Karimun, Provinsi Kepri, seperti yang terjadi  di Kecamatan Meral Barat, Karimun.

Danlanal Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Maswedi  bersama pimpinan FKPD di Karimun turun ke lokasi kebakaran yang berada di Kelurahan Darussalam, pada Ahad (1/3/2021).

Baca Juga : Mayat Membusuk, NTT Butuh Penanggulang Penyakit

Untuk menghindari terjadinya meluasnya kasus kebakaran di Karimun, maka Danlanal  meminta kepada masyarakat untuk jangan membakar sampah sembarangan. Kemudian, dia juga mengingatkan untuk tidak membuang puntung rokok secara sembarangan.

“Saat ini lagi musim kemarau. Saya imbau kepada warga agar tidak membakar sampah sembarangan, jangan membuang puntung rokok sembarangan. Sebab, membakar lahan dan hutan akan ditindak pidana dan diproses hukum oleh pihak berwenang,” ujar Danlanal Maswedi, seperti dilansir haluankepri.com, (Haluan Media Group),  Senin (1/3/2021).

Baca Juga : Paket Sembako Dibagikan Lanal Ranai untuk Warga Teluk Buton

Danlanal menjelaskan, dalam beberapa hari terakhir telah terjadi kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Meral Barat. Bahkan, Danlanal bersama pimpinan FKPD di Karimun turun ke lokasi kebakaran yang berada di Kelurahan Darussalam, pada Ahad (1/3/2021).

Bukan hanya sekedar turun ke lokasi, Danlanal bahkan turut memadamkan kobaran api bersama unsur FKPD Karimun lainnya.

Baca Juga : Asap Hitam Pabrik Milik BIM Diduga Cemari Udara

Sumber api diduga berasal dari belakang rumah warga di lokasi kejadian atas nama Sulisgianto (42). Saat itu, Sulisgianto membersihkan lahan belakang rumah dengan cara membersihkan dan membakar sampah.

Agar api tidak sampai meluas, maka 1 unit mobil Damkar milik Pemkab Karimun tiba di lokasi melaksanakan pemadaman dibantu oleh warga sekitar. Hasil pemadaman, titik api sudah mulai mengecil yang menyisakan asap.

Baca Juga : Tayang Perdana dan Bedah Film Mimpi Anak Sakai Digelar di Kampus UMRI

“Kejadian kebakaran di Darussalam ini harus menjadi contoh bagi seluruh masyarakat Karimun untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Sebab, pelaku pembakaran akan langsung ditindak secara hukum,” pungkasnya. (*)

Editor : Dodi | Sumber : Haluankepri.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]