Dinkes Kota Padang Sebut Vaksinasi Tahap Kedua Targetkan Lansia dan Aparat Pelayan Publik


Selasa, 02 Maret 2021 - 04:10:08 WIB
Dinkes Kota Padang Sebut Vaksinasi Tahap Kedua Targetkan Lansia dan Aparat Pelayan Publik Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, dr Fery Mulyani

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang dr. Feri Mulyani menyebutkan, untuk vaksinasi di Puskesmas Rawang kali ini merupakan proses vaksinasi yang perdana dilakukan untuk tahap kedua. Vaksinasi tahap kedua diberikan untuk kategori lansia dan aparat pelayan publik di Kota Padang bahkan di Provinsi Sumatra Barat. 

Untuk kategori aparat pelayan publik jelasnya, di antaranya terdiri dari guru, dosen, pedagang pasar, tokoh agama, wakil rakyat, pejabat negara, pegawai pemerintah. Kemudian TNI, Polri, Satpol PP, perangkat desa, BUMN, BUMD, pemadam kebakaran, transportasi publik, atlet, wartawan, dan pelaku sektor pariwisata.

Baca Juga : Resmikan Surau Papan Palinggam Padang, Gubernur: Mari Ciptakan Pemimpin Masa Datang

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

"Sasaran kita untuk vaksinasi di Puskesmas Rawang ini yaitu sebanyak 5.000 orang lansia. Setelah ini kita pekan depan melakukan hal yang sama di Kecamatan Padang Timur begitu juga disusul kecamatan lainnya. Selain itu kita juga akan melakukan vaksinasi kepada pedagang di Pasar Raya Padang dengan menargetkan sebanyak 5.000 orang juga," sebutnya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Bau Mulut, Banyak Minum Air Putih saat Berbuka

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Dr Feri Mulyani pun mengungkapkan terkait pelaksanaan vaksinasi di Kota Padang telah dilaksanakan untuk tahap I bagi para tenaga kesehatan (nakes) sebanyak 9.128 orang dengan capaiannya 103 persen atau melebihi target yang ditentukan. Sementara bagi nakes yang belum divaksinasi tetap terus dilakukan.

Baca Juga : Hadiri Wirid di Perumda AM Padang, Hendri Septa Ajak Tingkatkan Kepedulian

"Alhamdulillah, hari ini kita mulai melakukan vaksinasi tahap kedua untuk warga kelompok lansia dan juga aparat pelayan publik," jelasnya.

Untuk vaksinasi tahap kedua ini Dinkes menargetkan selesai pada April 2021, dan direncanakan akan terus berlanjut sampai akhir tahun 2021. Untuk di Kota Padang secara keseluruhan target vaksinasi yaitu sebanyak 700.000 warga. 

Baca Juga : Pemko Padang Gelar Bimtek PPRG Tahun 2021

"Jadi, setiap harinya kita berupaya minimal melakukan vaksinasi kepada sebanyak 3.000 sampai 4.000 orang, sehingga target sampai akhir tahun dapat terlaksana 100 persen. Semoga dengan upaya ini kekebalan imunitas warga kita bisa terwujud, dengan 70 persen penduduk di Kota Padang sudah tervaksin," ungkapnya.

Ia menjelaskan, mengenai kondisi stok vaksin saat ini sesuai droping yang kedua yaitu tersedia 32.500 dosis. Ketika habis nanti akan didrop lagi oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan.

"Karena memang datangnya vaksin ke kita itu secara bertahap" ujarnya.(*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Merinda Faradianti
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]