Leonardy Harmainy Diskusikan Persoalan Layanan Komunikasi dan Internet dengan Masyarakat Tandikek Barat


Selasa, 02 Maret 2021 - 04:29:01 WIB
Leonardy Harmainy Diskusikan Persoalan Layanan Komunikasi dan Internet dengan Masyarakat Tandikek Barat Istimewa

TANDIKEK BARAT, HARIANHALUAN.COM - Leonardy Harmainy mengunjungi masyarakat Tandikek Barat untuk membahas mengenai beberapa persoalan nagari. Katanya, dengan adanya produk unggulan nagari yang menjadi unit usaha Bumnag, maka nagari bisa menjalin hubungan dagang dengan nagari lain untuk memenuhi permintaan pasar terhadap produk tertentu. 

Nagari juga bisa memanfaatkan jaringan internet untuk pemanfaatan komunikasi dan memasarkan produk-produk yang dihasilkan anak nagari. Masih belum lancarnya komunikasi dan internet di Tandikek Barat, kata Leonardy, nagari bisa memanfaatkan program kerjasama Kemendes PDTT dan Kementerian Kominfo. Lewat program itu, kementerian membuka akses komunikasi dan internet di seluruh daerah-daerah di Indonesia. 

Baca Juga : TSR VI Kunjungi Masjid Nurul Amri, Sekdako Sonny: Wahana Bangun Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

“Syaratnya sediakan tanah seluas 300 meter persegi, ajukan ke Kemendes PDTT yang akan membangun tower, genset dan prasarana penunjangnya. Jika oke nantinya Kemenkominfo yang mengurus sinyal dan penunjangnya,” ungkap Leonardy, Selasa (2/3/2021).

Baca Juga : Kunjungi Masjid Jihadu Walidaina, TSR V Serahkan Bantuan Rp20 Juta

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Selain itu, Wali Nagari Tandikek Barat, Syahrudin juga mengharapkan normalisasi Kapalo Banda Baru. Syahrudin mengharapkan agar senator Leonardy memberikan dorongan dalam memajukan nagari itu agar mengarah ke SDG’S Desa. 

Baca Juga : Jalin Silaturahmi dengan Masyarakat, TSR IV Kunjungi Masjid Nurul Khairat

“Kami di nagari pemekaran ini serasa bermimpi dikunjungi Anggota DPD RI yang juga mamak kita. Banyak harapan yang bisa kita tumpangkan demi kemajuan nagari kita ke depannya,” ujar Syahrudin.

Pada kesempatan itu wali nagari menyampaikan harapan warganya terhadap Kapalo Banda Baru. Dikatakannya Kapalo Banda Baru yang berlokasi satu kilometer di bawah Bendungan Tampuniak itu nantinya mengaliri empat nagari yaitu Tandikek Barat, Tandikek Utara, Batu Kalang dan Batu Kalang Utara.

Baca Juga : Tim III Kunjungi Masjid Nurul Furqan TPL, Ketua DPRD Serahkan Hibah Renovasi Masjid

Dijelaskannya Kapalo Banda di dekat Lubuak Tampuniak hanya mengaliri dua nagari. Makanya masyarakat berharap banyak kepada Kapalo Banda Baru yang airnya mengalir ke Tandikek Barat.  Syahruddin menegaskan pembebasan lahan telah sampai ke Kapalo Banda Baru. Pengerjaan bendungannya belum jadi juga.

"Kami berharap normalisasinya sampai ke sana dan ada kapalo banda,” ungkapnya.

Menanggapi aspirasi yang disampaikan wali nagari, Leonardy mengatakan itu akan jadi perhatiannya. Karena beberapa kali datang ke Tandikek hal itu tidak diungkapkan. Diceritakannya ketika 2009 dan 2010 saya sudah sampai ke Bendungan Tampuniak. Ketika itu saya datang dan kepada masyarakat dijamin ganti rugi akan dibayarkan. 

“Bupati turut tandatangan sehingga bendungan bisa dikerjakan. Tanpa permintaan walinagari maupun bupati saya alokasikan pembangunan bendungan. Jadi begitu benar perhatian terhadap Tandikek dan tidak asing lagi bagi saya,” ungkapnya sembari menyebutkan pada 2015 datang lagi karena informasi masyarakat bahwa bendungan tidak berfungsi. (*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Merinda Faradianti
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]