Masyarakat Sungai Durian Harapkan Normalisasi Batang Mangoi


Selasa, 02 Maret 2021 - 09:55:12 WIB
Masyarakat Sungai Durian Harapkan Normalisasi Batang Mangoi Silaturahmi masyarakat Nagari Sungai Durian dengan anggota DPD RI H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH.

SUNGAI DURIAN, HARIANHALUAN.COM - Plt Wali Nagari Sungai Durian, Nurhayani mengungkapkan tentang perlunya normalisasi Batang Mangoi. Hal itu ia sampaikan dalam silaturahmi dengan Anggota DPD RI H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH. Ia mengatakan masyarakat Nagari Sungai Durian sangat berharap dengan normalisasi Batang Mangoi tersebut.

"Kami berharap bapak bisa membantu merealisasikan harapan kami ini. Sudah tujuh hektar lebih sawah yang hilang. Belum ladang milik masyarakat," ungkap Nurhayani, Kamis (25/2/2021).

Baca Juga : Hasil Dua Operasi Polda Sumbar, Ratusan Tersangka Sudah Ditangkap

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Ketua Bamus Sungai Durian, Hamzah AM juga mendukung soal normalisasi itu. Dia juga mengharapkan jalan Sungai Durian ke Sijangek ditingkatkan karena saat ini jalan tersebut masih berbentuk jalan kerekel. Menurut Hamzah, peningkatan akses jalan ini sangat diperlukan masyarakat.

Baca Juga : Wabup Pasaman Sabar AS Minta PMI Jaga Ketersediaan Stok Darah

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

"Sijangek memiliki bumi perkemahan yang terkenal. Banyak yang berkemah di sana dari daerah lainnya. Namun jalannya tetap belum berubah," ujarnya.

Baca Juga : Operasi Antik Singgalang 2021 di Pasaman, 20 Paket Ganja Kering Diamankan

Kasi Kesra Nagari Sungai Durian, Hafis menambahkan bahwa jalan yang masih dikerekel itu adalah jalan yang sering dilalui anak sekolah. 
Ada juga perangkat nagari yang menginformasikan tentang jalan Sungai Durian yang hingga kini disebut jalan tarandam. Sebab di musim hujan, jalan itu selalu terendam air.

Menanggapi penyampaian Plt Wali Nagari Sungai Durian, H. Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa, S.IP., MH menyebutkan normalisasi Batang Mangoi memang perlu diperjuangkan. Hal ini dimaksudkan agar sungai itu tidak mendatangkan bencana lagi terhadap Nagari Sungai Durian. Begitu juga dengan nagari-nagari yang dilaluinya.

Baca Juga : Hari Pertama Ramadhan, Dispar Sumbar Gelar Pertemuan antara Pelaku Pariwisata dan Citilink

"Saat saya menjabat di dua periode jadi pimpinan DPRD banyak normalisasi sungai  yang dianggarkannya. Meski tidak ada permintaan atau surat dari masyarakat maupun Bupati Padang Pariaman ketika itu. Memang belum semua yang bisa dinormalisasi," jelasnya.

Leonardy menyebutkan normalisasi di mulai dari Batang Anai arah ke muara, Batang Naras, Batang Kalampayan. Untuk usulan jalan, kata Leonardy harus diperhatikan prinsip anggaran saat ini karena jalan penghubung antar kecamatan, penganggarannya boleh dari APBD kabupaten. Namun tentu harus melalui musrenbang, berjenjang dari korong, nagari, kecamatan hingga kabupaten.

"Dalam pembahasan di DPRD, maka usulan tadi harus ada yang mengawalnya. Sangat diperlukan perjuangan anggota dewan yang dapilnya dari Padang Pariaman 4 untuk mengawal aspirasi tersebut. Selain itu, nagari, sekretaris nagari, kasi dan kaur dapat pula memainkan perannya dalam menjalin hubungan harmonis dengan dinas terkait di pemerintah daerah agar usulan tidak hilang di tengah jalan," terangnya.(*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Nova Anggraini
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]