Pengerjaan Dilanjutkan, Daerah Irigasi Panti Rao Kembali Ditutup


Selasa, 02 Maret 2021 - 12:14:43 WIB
Pengerjaan Dilanjutkan, Daerah Irigasi Panti Rao Kembali Ditutup Tampak alat berat tengah mengeruk material pasir dari saluran irigasi Panti Rao.

LUBUK SIKAPING, HARIANHALUAN.COM--Para petani pemakai air jaringan daerah irigasi (DI) Panti-Rao di Kabupaten Pasaman tampaknya harus kembali bersabar. Pasalnya, irigasi seluas 8.000 hektar itu akan kembali ditutup dengan alasan perbaikan. 

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Virus Corona di Sumbar: Positif 169, Sembuh 162, dan Meninggal Dunia 4 Orang

Hal ini dibenarkan oleh Pengamat TP OP Daerah Irigasi Panti Rao, Nurmansyah. Lewat suratnya tertanggal 22 Februari 2021, yang ditujukan kepada Camat Panti, Padanggelugur dan Rao Selatan serta para Walinagari di wilayah itu disampaikan tentang rencana pematian air di DI Panti Rao.

"Kami dari pengamat DI Panti Rao, menyampaikan kepada masyarakat bahwa air diseluruh jaringan DI Panti Rao akan ditutup kembali mulai dari 15 Maret sampai dengan 15 Oktober 2021," ujar Nurmansyah. 

Baca Juga : Safari Ramadan, Gubernur: Yang Menguatkan Iman dan Adab adalah Alquran

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Dikatakan, penutupan air pada DI Panti Rao itu untuk melanjutkan kembali pengerjaan perbaikan jaringan irigasi oleh PT Haka Utama hingga batas waktu pengerjaan selesai, sebagaimana tertuang dalam kontrak kerja. 

Baca Juga : Bantu Korban Bencana di Sulbar, Pemprov Sumbar Kembali Gelontorkan Dana Rp241 Juta

"Panutupan jaringan DI Panti Rao ini berdasarkan surat dari PT Haka Utama Nomor: 28/SP/HK/II/2021 perihal, penutupan total aliran air DI Panti Rao guna melanjutkan kembali pekerjaan kontrak yang sedang terbengkalai dengan sisa waktu 242 hari lagi," katanya. 

Demi suksesnya pembangunan ini, ia berharap kerjasama yang baik dari seluruh pemangku kepentingan serta masyarakat di wilayah itu. Pengerjaan perbaikan jaringan irigasi itu tujuan utamanya untuk kepentingan masyarakat. 

Baca Juga : Gubernur Minta Sumbar Jangan Lagi Masuk Zona Merah Covid-19

"Kami sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak, termasuk masyarakat pemakai air DI Panti Rao," pintanya. 

Dari informasi yang dihimpin, DI Panti Rao yang melintasi tiga kecamatan di Pasaman ini berada di bawah tanggung jawab Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Sumatera Barat. 

Jaringan irigasi Panti Rao ini membentang dari Ampanggadang, Nagari Panti Selatan, Kecamatan Panti sampai ke Kecamatan Rao Selatan. Dana pengerjaan irigasi ini mencapai belasan miliar bersumber dari APBN. (*)

 

Reporter : Yudi Lubis | Editor : Heldi Satria
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]