Geledah Kamar Hunian Warga Binaan, Rutan Padang Temukan 10 Sajam


Selasa, 02 Maret 2021 - 16:46:52 WIB
Geledah Kamar Hunian Warga Binaan, Rutan Padang Temukan 10 Sajam Barang-barang yang ditemukan pihak Rutan Padang di dalam warga binaannya.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Dalam rangka deteksi dini pencegahan dan pengendalian keamanan dan ketertiban Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satopspatnal), Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Padang kembali lakukan penggeledahan badan dan kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Senin (1/3/2021) malam. 

Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Rutan Padang dalam mewujudkan rutan yang bebas halinar (handphone, pungli dan narkoba) dan dalam mendukung program pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN). 

Baca Juga : Ragam Tradisi Jelang Ramadan, Begini Tanggapan Cadiak Pandai di Padang

Kegiatan penggeledahan dipimpin langsung oleh Kepala Rutan Muhammad Mehdi yang didampingi oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (Ka. KPR) Pandu Puji Wibowo. 

Kegiatan dimulai pukul 21.00 WIB sampai selesai dalam kondisi aman dan kondusif. Sebelum dilakukan penggeledahan Ka. KPR berikan arahan kepada tim Satopspatnal tindakan dan poin penting apa saja yang menjadi perhatian saat kegiatan berlangsung. 

Baca Juga : Jelang Puasa, Masyarakat Padang Mulai Laksanakan Ziarah Kubur

Pada kegiatan kali ini, penggeledahan dilakukan pada kamar A1 dan E8. 

Giat kali ini, masih ditemukan benda benda yang dilarang ada di kamar hunian, meskipun tidak ditemukan indikasi narkoba. Adapun hasil temuan adalah 6 unit handphone, 6 unit charger, 2 unit headset, 4 unit kabel terminal, 1 botol kaca, 10 unit sajam (senjata tajam), 2 unit kompor buatan dan 3 mencis korek api. Semua barang sitaan dilakukan inventarisir dan kemudian dilakukan pemusnahan. 

Baca Juga : Maanta Lamang, Tradisi Pengantin Baru di Minang untuk Mertua Jelang Ramadan

"Kegiatan penggeledahan ini akan terus menerus dilakukan tanpa mengenal lelah, ini sebagai bentuk komitmen kita bahwa kita tidak melakukan pembiaran dengan harapan rutan padang akan selalu dalam keadaan aman,” tutup Mehdi.

Kegiatan ini merupakan upaya Rutan Padang untuk deteksi dini pencegahan dan pengendalian keamanan dan ketertiban lingkungan. Rutan Padang komitmen dan konsisten melaksanakan penggeledahan terus menerus untuk terwujudnya zero Halinar. (*)

Baca Juga : Dukung Kemajuan Olahraga, Pemko Padang Bakal Bangun Stadion Sepak Bola Bertaraf Internasional

Reporter : Agoes Embun | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]