Ingin Tidur Nyenyak? Perhatikan Hal Penting Berikut Ini


Selasa, 02 Maret 2021 - 21:28:21 WIB
Ingin Tidur Nyenyak? Perhatikan Hal Penting Berikut Ini Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Keadaan di dalam kamar tidur dapat memengaruhi kenyamanan serta lelapnya tidur di malam hari. Namun, dalam hal desain kamar tidur, banyak orang berfokus pada elemen yang mencerminkan kebutuhan saat mereka terbangun, dan terkadang menyampingkan kenyamanannya.

Dilansir dari Kompas.com melalui Healthline, Selasa (2/3/2021), meskipun kamar tidur digunakan hanya untuk istirahat, namun Anda masih menghabiskan sekitar sepertiga dari setiap hari di dalamnya.

Baca Juga : Viral! Pesta Pelajar di Kantor Bupati Langgar Prokes

Ruangan yang panas, terang, dan berantakan dapat mengganggu tidur Anda dan membuat Anda tetap terjaga untuk sebagian waktu ini, yang dapat memengaruhi kesehatan tubuh.

Sebagai solusinya, memperbarui kamar tidur dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih nyenyak, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Baca Juga : Dokter Reisa: Vaksinasi pada Bulan Ramadan tidak Membatalkan Puasa, Justru Diwajibkan

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, Anda harus memerhatikan berbagai hal berikut ini. 

1. Suhu

Baca Juga : Pria Lajang Lebih Berisiko Terkena Penyakit Mematikan Ini

Kamar dan tempat tidur yang lebih dingin dapat mengurangi keringat di malam hari dan meningkatkan kualitas tidur. Usahakan agar suhu AC di kamar tidur Anda disetel ke suhu yang cukup sejuk. 

2. Cahaya

Baca Juga : Dokter Maxi: Percepatan Vaksinasi Butuh Peran Seluruh Elemen Masyarakat

Cahaya terang, baik itu dari matahari atau peralatan elektronik, dapat mengganggu tidur. Menurunkan perangkat Anda, menggunakan tirai anti tembus pandang, dan menggunakan lampu yang sangat redup di malam hari dapat meningkatkan istirahat Anda.

3. Kondisi kamar rapi

Anda mungkin tidak melihat kamar Anda berantakan saat Anda tidur, tetapi hal itu masih bisa berdampak pada istirahat Anda. Untuk tidur yang lebih nyenyak, cobalah merapikan tempat tidur Anda setiap hari.

4. Tempat tidur

Tempat tidur, termasuk seprai, selimut, bantal, dan kasur Anda, dapat berdampak cukup besar pada tidur. Jika tempat tidur Anda sudah tua, usang, atau dalam keadaan yang menghalangi Anda untuk mempertahankan suhu tidur yang ideal, Anda mungkin tidak merasa nyaman di tempat tidur.

Tempat tidur berkualitas tidak harus mahal, tetapi harus terasa nyaman. Tempat tidur yang lebih baik tidak hanya meningkatkan istirahat Anda, tetapi juga membuat waktu tidur lebih menyenangkan.

5. Seprai dan selimut

Setiap orang memiliki preferensi berbeda dalam hal seprai, jadi Anda sebaiknya mencari seprai yang nyaman bagi Anda. Ada banyak jenis seprai katun, mulai dari light and airy percale hingga smooth satin.

Anda mungkin juga lebih suka nuansa rajutan jersey super lembut dan elastis. (*)

Editor : Milna Miana | Sumber : Kompas.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]