Komisi VIII DPR RI: Pemerintah Harus Prioritaskan Vaksinasi Calon Jemaah Haji


Rabu, 03 Maret 2021 - 10:26:51 WIB
Komisi VIII DPR RI: Pemerintah Harus Prioritaskan Vaksinasi Calon Jemaah Haji Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Syadzily Hasan

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Komisi VIII DPR RI meminta pemerintah Indonesia memprioritaskan vaksinasi bagi para calon jemaah haji menyusul adanya kebijakan pemerintah Arab Saudi yang menerapkan kewajiban vaksinasi COVID-19 untuk para calon jemaah haji tahun ini. 

"Bagi Pemerintah Indonesia, kebijakan ini harus diikuti dengan memprioritaskan bagi calon jemaah haji Indonesia yang akan berangkat tahun ini untuk segera dilakukan vaksinasi COVID-19," kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Syadzily Hasan kepada wartawan, Rabu (3/2/2021), dikutip dari detikcom.

Baca Juga : Sore Ini, Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Ramadan 1442 H

"Kami, Komisi VIII DPR RI, sebetulnya telah meminta kepada Kementerian Kesehatan RI agar untuk calon jemaah haji tahun 2021 ini agar mendapatkan prioritas untuk dilakukan vaksinansi COVID-19," sambungnya.

Ace mengatakan Komisi VIII DPR akan membahas perihal vaksinasi bagi para calon jemaah haji bersama kementerian dan lembaga terkait. Ia berharap calon jemaah haji mendapat prioritas vaksin COVID-19.

Baca Juga : Antisipasi Gelombang ke-3 Covid-19, BLT dan Bansos Harus Disiapkan

"Dalam masa persidangan ini, kami akan agendakan untuk segera membahas penyelenggaraan haji tahun 2021 dengan terlebih dahulu memprioritaskan vaksinasi bagi calon jemaah haji," ungkapnya.

Selain itu, Ace mengapresiasi keputusan yang Pemerintah Arab Saudi yang mewajibkan para calon peserta jemaah haji divaksinasi Corona. Menurutnya, hal itu merupakan keputusan tepat guna mengantisipasi penularan COVID-19.

Baca Juga : Hari Ini Buruh Bakal Demo Besar-besaran di Depan MK, Polda Metro Jaya: Rekayasa Lalin Situasional

"Saya kira keputusan Pemerintah Arab Saudi mewajibkan para calon jemaah haji untuk vaksin COVID-19 merupakan kebijakan yang tepat. Kebijakan tersebut merupakan langkah antisipatif agar penularan COVID-19 dalam penyelenggaraan haji betul-betul dapat dilakukan," ujarnya.

Pemerintah Arab Saudi sebelumnya mewajibkan vaksinasi COVID-19 bagi jemaah haji di tahun 2021. Surat kabar Okaz menyebut hanya individu yang sudah divaksinasi saja yang dibolehkan untuk melaksanakan haji.

Baca Juga : Dedi Mulyadi Kritisi Kebijakan Pemerintah Soal Alih Fungsi Lahan

Pelaksanaan haji pada tahun 2020 memang sempat terhambat oleh pandemi Corona. Arab Saudi membatasi hanya 1.000 jemaah dengan kriteria tertentu yang bisa melaksanakan haji demi mencegah penyebaran COVID-19.

"Vaksinasi COVID-19 diwajibkan bagi mereka yang ingin datang melaksanakan haji dan jadi syarat utama izin masuk," tulis laporan dari surat edaran Kementerian Kesehatan Arab Saudi, seperti dikutip dari Reuters pada Rabu (3/3).

Editor : Rahma Nurjana | Sumber : detik.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]