Wakil Bupati Pessel: Proses Keluar Hasil Tes Swab PCR Harus Dipercepat


Rabu, 03 Maret 2021 - 11:26:00 WIB
Wakil Bupati Pessel: Proses Keluar Hasil Tes Swab PCR Harus Dipercepat Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah

PESSEL, HARIANHALUAN.COM - Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan diharapkan mempercepat proses keluarnya hasil tes Swab PCR guna mencegah penularan Covid 19. Harapan itu disampaikan Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah.

"Ya, kita telah menyampaikan pada Dinas Kesehatan untuk mempercepat proses keluarnya hasil tes swab PCR. Mengingat, kita masih mendengar kalau ada hasil Swab PCR keluar lima hari setelah dilakukan pengambilan sampel," ungkap Rudi, dikutip dari website resmi Pemkab Pessel, Rabu (3/3/2021).

Baca Juga : Covid-19 Belum Reda, Gubernur Ingatkan Masyarakat Patuhi Prokes saat Beribadah Ramadan

Simak Terus Berita Sumbar Hari ini di Harianhaluan.com

Menurutnya, seharusnya dua atau tiga hari paling lama setelah sampel diambil, hasil labor sudah keluar, sehingga ada kepastian apakah seseorang terkonfirmasi negatif atau positif Covid-19. Dikatakan, untuk percepatan keluarnya hasil Swab PCR itu, maka diharapkan Dinas Kesehatan melakukan pengiriman sampel ke labor pada hari yang sama dengan pengambilan sampel.

Baca Juga : Balimau Paga, Cara Masyarakat Pessel Sambut Ramadan

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Rudi menilai, jika terlalu lama jarak antara pengambilan sampel dengan hasil labor, maka dapat berisiko terjadinya penularan kepada orang lain jika hasilnya terkonfirmasi positif Covid 19, karena mereka yang telah diswab tetap berinteraksi dengan orang lain. Di samping itu, masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan diimbau tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penularan Covid 19 di daerah ini. 

Baca Juga : Pekerjaan Pengamanan Perlintasan KA pada 4 Titik di Kota Pariaman Diharapkan untas Jelang Lebaran Nanti

"Masyarakat jangan lengah terhadap bahaya penularan virus Covid 19. Akan tetapi, selalu waspada dan mematuhi protokol kesehatan. Selanjutnya, upaya pencegahan dan pengendalian Covid 19 harus dilakukan secara maksimal," pintanya.

Ia menambahkan, hingga kini penularan Covid 19 masih terjadi diberbagai wilayah, termasuk di Pesisir Selatan. Oleh karena itu, masyarakat hendaknya senantiasa menjalankan protokol kesehatan.(*)

Baca Juga : Kerusakan Halte di Kota Pariaman Makin Parah, Baru akan Diperbaiki dengan APBD Perubahan

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Rahma Nurjana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]