Pertama di Dunia! Australia Berhasil Bikin Disinfektan Bunuh Covid-19 dalam 90 Detik


Rabu, 03 Maret 2021 - 16:41:59 WIB
Pertama di Dunia! Australia Berhasil Bikin Disinfektan Bunuh Covid-19 dalam 90 Detik Ilustrasi

MELBOURNE, HARIANHALUAN.COM - Perusahaan farmasi Australia berhasil mengembangkan disinfektan pertama di dunia yang dapat membunuh Covid-19 dalam waktu 90 detik. Disinfektan yang dikembangkan oleh Australia, yang disebut ViroCLEAR, dikembangkan oleh BioInnovate dan dengan cepat untuk disetujui oleh Therapeutic Goods Administration (TGA) pada bulan lalu.

Disinfektan lainnya membutuhkan waktu selama 10 menit untuk membunuh virus corona. Bahkan beberapa merek lain tidak dapat melakukannya sama sekali. Namun, Ketua BioInnovate, Ross Macdougald, mengatakan terobosan itu dicapai setelah penelitian menyeluruh di NSW utara. Produksi semprotan dimulai di Melbourne minggu ini.

Baca Juga : Bertemu AS, Netanyahu Sebut Pemerintah Iran Sebagai Rezim Fanatik

Macdougald mencontohkan, troli di supermarket yang baru saja dibersihkan, tidak terbebas dari virus corona. Pada kenyataannya, kata dia, Covid-19 dapat bertahan di permukaan itu selama 10 menit atau lebih dan sangat mudah menular.

"Hal yang sama berlaku untuk pegangan dan kursi di transportasi umum, meja universitas dan sekolah, ruang makan komunal dan di semua permukaan di panti jompo, di mana 683 penduduk lansia yang rentan telah meninggal." jelasnya, dilansir di NZ Herald, Rabu (3/3).

Baca Juga : Salah Transfer Rp17,5 Miliar, Wanita Ini Enggan Kembalikan Uang Jasa Keuangan

Selama pandemi, bisnis yang berhubungan dengan publik seperti supermarket telah melakukan tindakan pembersihan ekstra termasuk menggunakan disinfektan kelas rumah sakit, pembersihan konter dan permukaan lain secara teratur, pedoman mencuci tangan dan sarung tangan pelindung.

Tetapi penelitian menunjukkan bahwa Covid-19 dapat bertahan selama berhari-hari di permukaan tempat tetesan pernapasan mendarat. Ini meningkatkan risiko penularan jika orang yang tidak curiga menyentuhnya dan kemudian menggosok wajah atau tangan mereka.

Baca Juga : Bantah Soal Vaksinnya Kurang Manjur, China: Cuma Salah Paham

Lamanya waktu virus corona bertahan di permukaan bergantung pada faktor-faktor seperti suhu dan jenis permukaan. Virus dapat hidup di plastik hingga 72 jam, baja hingga 48 jam, karton hingga 24 jam dan tembaga hingga maksimal empat jam.

"ViroCLEAR adalah disinfektan Covid-19 pertama di dunia yang dapat menggabungkan tiga elemen kecepatan, non-toksisitas, dan kemampuan beradaptasi untuk digunakan pada permukaan dan kulit," jelas Macdougald, dilansir republika.co.id.

Baca Juga : Ucapkan Selamat Puasa, Joe Biden Sebut Muslim Telah Memperkaya Amerika

"Aman, cepat, iritasi rendah dan tidak mengering, sangat penting bagi mereka yang membersihkan tangan mereka berkali-kali sehari, seperti staf di tempat perhotelan dan panti jompo," tambahnya.

Pengembangan dan pelepasan disinfektan bertepatan dengan peluncuran vaksin virus corona Australia, yang dimulai minggu lalu dengan suntikan Pfizer dan akan mencakup vaksin AstraZeneca mulai 8 Maret.

ViroCLEAR pertama-tama akan tersedia sebagai pembersih tangan dan disinfektan permukaan untuk 5,5 juta orang Australia di sekolah, universitas, fasilitas perawatan lansia, dan tempat perhotelan. Persediaan kemudian akan tersedia untuk masyarakat pada awal akhir bulan.

Produk tersebut juga akan diluncurkan untuk pengguna angkutan umum dalam beberapa bulan mendatang. Macdougald mengatakan disinfektan datang pada waktu yang tepat, karena hanya sedikit kasus baru yang dilaporkan secara nasional saat ini dan perbatasan negara bagian dan teritori terbuka.

Namun, dia memperingatkan, berada di puncak musim gugur dan bulan-bulan yang lebih dingin dapat meningkatkan risiko infeksi baru dan potensi strain virus baru.

TGA mencantumkan 176 disinfektan yang telah dimasukkan ke dalam daftar barang untuk digunakan melawan Covid-19. Setiap klaim bahwa suatu produk memiliki efek terhadap virus harus secara tegas diizinkan oleh TGA sebelum digunakan dalam iklan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan praktik desinfeksi penting untuk mengurangi potensi kontaminasi virus Covid-19 di tempat non-perawatan kesehatan seperti rumah, kantor, sekolah, pusat kebugaran, pusat komunitas, transportasi, dan restoran.(*)

Editor : Nova Anggraini | Sumber : republika
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]