Sempat Tertutup Longsor, Ruas Jalan Provinsi di Agam Sudah Bisa Dilalui Kendaraan


Rabu, 03 Maret 2021 - 19:41:51 WIB
Sempat Tertutup Longsor, Ruas Jalan Provinsi di Agam Sudah Bisa Dilalui Kendaraan Alat berat yang diturunkan oleh Dinas PUPR Sumbar untuk membersihkan material longsor di Palembayan, Agam.

PALEMBAYAN, HARIANHALUAN.COM – Hujan lebat yang melanda sebagian wilayah di Kabupaten Agam, mengakibatkan terjadinya longsor di Jorong Tantaman, Nagari Tigo Koto Silungkang, Kecamatan Palembayan, Selasa (2/3/2021) malam. “Kita sudah memonitor kejadian dan langsung melakukan penanganan,” ujar Kabid KL BPBD Agam, Syafrizal.

Ia mengatakan, dampak kejadian itu material longsor menutupi ruas jalan provinsi sepanjang 15 meter dengan ketinggian sekitar 3 meter, sehingga jalan tidak dapat dilewati kendaraan. “Sebelum dibersihkan, akses jalan dialihkan ke jalan kabupaten atau jalan lingkar Kampuang Panjang yang melewatinya berputar sekitar 1-2 kilometer,” sebutnya dilansir dari laman Agam Media Center (AMC). 

Baca Juga : Percepat Transaksi APBD Secara Non Tunai, Bupati Agam Tandatangani SK TP2DD

BPBD bersama TNI, pemerintah kecamatan dan nagari, pemuda pancasila serta masyarakat melakukan pembersihan material longsor untuk membuka akses jalan roda dua. BPBD Agam juga telah berkoordinasi dengan DPUPR Sumbar untuk melakukan pembersihan lanjutan menggunakan alat berat. Dinas PUPR Sumbar pun menurunkan satu unit alat berat untuk membersihkan material longsor tersebut.

"Pembersihan sudah dimulai sejak Selasa malam tadi secara manual dalam upaya membuka akses jalan kendaraan roda dua. Setelah kita koordinasikan dengan DPUPR Sumbar, pihaknya menurunkan alat berat untuk melakukan pembersihan lanjutan,” ujarnya, Rabu (3/3/2021).

Baca Juga : Kota Padang Panjang Terima Penghargaan TP2DD di FEKDI

Pembersihan menggunakan alat berat jenis loader ini, sudah dimulai sejak pagi tadi. Setelah pembersihan dilakukan, katanya, perlu dilakukan penyiraman karena kondisi jalan masih licin. Penyiraman dilakukan dengan mesin portable pemadam kebakaran. (*)

Reporter : Agoes Embun | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]